Ada beberapa mitos yang tersebar di masyarakat, bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung kelapa akan menyebabkan kenaikan kolesterol. Sebagaimana kita ketahui, tingginya kadar kolesterol merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit yang cukup beresiko seperti sakit jantung dan stroke. Akibatnya, banyak orang yang mulai menghindari untuk mengonsumi segala hal yang berhubungan dengan kelapa. 

Sebenarnya, minyak kelapa yaitu minyak yang diesktrak dari santan kelapa ini justru memiliki banyak manfaat di dalam kesehatan. Tidak percaya? Untuk jelasnya, berikut ini merupakan manfaat-manfaat minyak kelapa untuk kesehatan:

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kita sering mendengar bahwa mengonsumsi banyak santan bisa menyebabkan kolesterol menjadi tinggi. Hal ini disebabkan karena santan mengandung asam lemak jenuh, padahal faktanya adalah, minyak kelapa mengandung 50 % asam larut. Kandungan ini justru bisa mengatur kadar kolesterol di dalam darah. Dengan demikian, minyak kelapa juga bisa mengatur tekanan darah agar stabil.

source: http://healthimpactnews.com/2014/coconut-oil-is-beneficial-for-your-heart-shining-the-truth-on-mainstream-medias-negative-attacks-against-coconut-oil/

2. Mengurangi Resiko Alzheimer

Kamu pernah dengar Aheimer? Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan kerja otak. Penderita Azheimer mengalami  masalah dalam mengingat yang bahkan terkadang berpengaruh pada perilaku. Hal ini disebabkan oleh kerja otak yang mulai menurun. Nah, ternyata minyak kelapa punya kemampuan mengurangi resiko penyakit Alzheimer karena kandungan zat keton pada minyak kelapa bisa meningkatkan kerja memori.

3. Baik untuk Kesehatan Rambut

Tahukan kamu kenapa para wanita India memiliki rambut yang sangat indah? Salah satu rahasianya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa dengan kandungan vitamin E dan protein yang tinggi bisa meningkatkan kualitas rambut kamu dengan melebatkan, menguatkan dan menjaga kelembapannya. Itulah sebabnya kita melihat wanita India memiliki rambut hitam, lebat, dan sehat. 

source: http://hairlossandcare.com/coconut-oil-for-hair-loss/

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kabar bagusnya lagi, minyak kelapa juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini disebabkan oleh kandungan lipid, antimikroba, asam kaprat, asam laurat, dan asam kaplirat di dalamnya. Kandungan-kandungan ini bermanfaat sebagai anti jamur dan anti bakteri sehingga mengurangi resiko penyakit yang disebabkan oleh bakteri berbahaya.

Di antara bakteri-bakteri yang selalu sukses dibasmi oleh minyak kelapa adalah listerua monocytogenes, helicobacter pylori, hingga protozoa berbahaya sejenis glardia lambia. Tentunya kinerja minyak kelapa ini terbilang luar biasa. 

5. Baik untuk Kesehatan Kulit

Selain untuk kesehatan rambut, minyak kelapa juga baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin E-nya sangat baik sebagai kondisioner alami sehingga kulit menjadi lembab, kenyal dan elastis. Vitamin E pada minyak kelapa juga mampu membuat kulit menjadi lebih kencang sehingga akan mengurangi resiko penuaan dini.

Selain meningkatkan kesehatan kulit, minyak kelapa juga turut berkontribusi dalam mengobati berbagai masalah yang terjadi pada kulit seperti kulit kering, eksim, dermatitis, proriasis hingga jerawat. Minyak kelapa bahkan dapat dijadikan untuk mengobati luka akibat terbakar.

source: http://healthjess.com/coconut-oil-benefits-and-uses-guide/

6. Mencegah Penyakit Jantung

Minyak kelapa juga bermanfaat bagi kesehatan hati. Hal ini disebabkan oleh kandungan trigliserida dan asam lemak yang dimilikinya. Dengan kandungan ini minyak kelapa membantu kerja jantung agar berjalan dengan baik.

Demikianlah informasi tentang beberapa manfaat penting minyak kelapa untuk kesehatan. Minyak kelapa diperlukan mulai dari kesehatan kulit, rambut hingga organ-organ dalam tubuh seperti jantung, hati bahkan otak. 

Meski demikian, perlu aturan dalam mengkonsumsi minyak kelapa. Segala yang berlebihan akan membawa efek buruk. Manfaat yang akan didapat jika digunakan dalam skala standar. Untuk penggunaan biasa dapat menggunakan minyak kelapa kemasan yang dijual. Namun, khusus rambut, Spectrum Naturals Organic Coconut Oil mungkin bisa kamu coba. 

source: http://www.vitaminshoppe.com/p/spectrum-naturals-organic-coconut-oil-14-oz/sa-7011