Keluhan seputar kulit wajah memang banyak sekali ragamnya. Ada jerawat, komedo, flek hitam, kulit wajah kering, keriput hingga kulit wajah berminyak. Sebenarnya keberadaan minyak wajah adalah hal wajar. Setiap orang memiliki minyak wajah dan diperlukan untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Orang yang tidak memiliki minyak wajah malah cenderung memiliki kulit yang sangat sensitif dan cepat keriput.

Meskipun demikian, segala sesuatu tetap ada porsi dan batasnya. Begitu pula minyak yang terdapat di wajah. Minyak wajah memang normal bahkan dibutuhkan namun jika jumlahnya sudah terlalu banyak malah bisa mengakibatkan berbagai masalah. Wajah menjadi rentan komedo, terlihat kusam hingga tumbuh jerawat. Kenapa? Sebab minyak wajah memudahkan kotoran dan bakteri menempel pada wajah. Itu sebabnya minyak wajah berlebih bisa membuat masalah bagi kulit wajah.

Untuk antisipasi agar hal tersebut tidak terjadi pada wajah cantik kamu, sebaiknya menggunakan masker wajah yang diolah sendiri dari bahan-bahan alami. Masker rumahan yang biasanya dikenal juga dengan istilah DIY masker ini menjadi lebih terjamin keamanannya. Nah, berikut beberapa DIY masker pilihan untuk kulit wajah berminyak yang dapat kamu terapkan:

1. Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan asam sitrat yang cukup tinggi. Kedua kandungan ini sangat ampuh untuk mengangkat kelebihan minyak sebum yang berlebihan sehingga membuat wajah lebih segar dan tidak kusam. Cara membuatnya mudah saja. Cukup dengan mencampurkan jeruk nipis bersama putih telur serta madu lalu oleskan pada wajah yang sudah kamu bersihkan sebelumnya.

source: http://www.acneskinsite.com/homemade-facials/lime-honey-face-mask/

2. Masker Mentimun

Tidak hanya jeruk saja, mentimun juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dengan demikian, mentimun juga bisa mengontol kadar minyak wajah. Untuk membuatnya, haluskan dahulu mentimun dengan cara memarutnya. Setelah itu tinggal dioleskan pada wajah dan rasakan sensasi segarnya. Butuh 15 menit bagi masker mentimun untuk bisa meresap dengan baik ke dalam kulit kamu.

source: http://www.i-medic.ro/remedii/remedii-naturiste-pentru-cicatricile-post-acnee

3. Masker Bengkoang

Buah bengkoang kaya akan kandungan air dan vitamin C yang bisa membuat keberadaan minyak wajah menjadi lebih terkontrol. Jadi kamu dapat membuat masker bengkoang untuk menyegarkan wajah berminyak. Untuk membuatnya, haluskanlah bengkoang dan campurkan satu sendok teh madu murni. Setelah dicampurkan, gunakan masker pada wajah selama 15 menit.

source: http://ibudanmama.com/kehamilan/ensiklopedia-kehamilan/5-manfaat-bengkuang-pada-ibu-hamil/

4. Masker Wortel

Wortel dengan kandungan vitamin A ini memiliki manfaat untuk menghambat pengeluaran minyak yang terlalu berlebihan pada wajah. Dengan manfaatnya ini, maka minyak pada wajah kamu akan menjadi  lebih sedikit. Di samping itu, wortel juga membuat wajah menjadi lebih cerah dan awet muda.

Buatlah masker wortel ini dengan menghaluskannya menggunakan blender. Setelah wortel halus, kamu sudah bisa mengaplikasikannya pada wajah berminyak. Setelah didiamkan beberapa menit, cuci wajah dengan air hangat. 

source: http://www.healthyfoodhouse.com/anti-aging-carrot-face-mask-even-better-botox

Demikianlah 4 contoh DIY masker untuk wajah berminyak yang terbuat dari bahan alami. Home treatment ini menjadi pilihan terutama bagi kamu yang sensitif dengan efek samping bahan kimia. Satu-satunya perawatan terbaik yang mudah dan murah adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang aman. 

Namun, jika kamu kurang tertarik untuk meracik masker sendiri, cara lainnya adalah membeli masker bubuk yang sudah jadi. Shiseido Naturgo Mask, merupakan salah satu masker khusus wajah berminyak yang paling digemari. Jika berminat kamu dapat membeli di beberapa toko online.

source: https://healtybeautycare.com/shisedo-naturgo-mask-masker-lumpur