Madu

Madu sangat baik digunakan untuk merawat wajah berminyak dan berkomedo. Madu dapat melembapkan kulit sekaligus mengencangkan pori-pori sehingga komedo tak mudah kembali. Gunakan madu murni sebagai masker dan biarkan selama 10 menit, bersihkan dengan air hangat. Kamu juga bisa menggunakan madu sebagai scrub dengan cara mencampurnya dengan gula.

Kayu Manis

Kayu manis dapat digunakan untuk menghilangkan komedo dan mencegahnya datang kembali. Campurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dan sari lemon, gunakan sebagai pembersih. Atau campur 1 sendok teh bubuk kayu manis dan madu hingga mengental. Gunakan sebagai masker sebelum tidur di area bermasalah, cuci keesokan harinya dengan air biasa. Gunakan campuran ini setiap hari selama 10 hari.

Oatmeal

Campurkan oatmeal dengan 1 sendok teh madu dan sari tomat hingga mengental, oleskan ke wajah. Bilas sekitar 10 menit kemudian dan gunakan secara teratur hingga komedo menghilang. Kamu juga dapat menggunakan 2 sendok makan oatmeal dengan 3 sendok makan yogurt tawar, sari lemon, dan minyak zaitun sebagai masker.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa anti peradangan yang baik digunakan untuk menghilangkan komedo. Campurkan bubuk kunyit dengan 2 sendok makan sari daun mint, gunakan di bagian yang terdapat banyak komedo. Biarkan mengering selama beberapa menit dan bersihkan dengan air hangat kuku.

Telur

Telur juga termasuk salah satu masker alami yang dapat menghilangkan komedo. Oleskan bagian putih telur mentah ke wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama sekitar 15 menit hingga wajah terasa kencang, bersihkan dengan air hangat. Kamu juga dapat membuat campuran telur dan madu untuk dijadikan masker. Tak hanya membersihkan pori, masker telur dapat membuat wajah terasa lebih lembut.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan vitamin dan antioksidan berlimpah yang sangat baik untuk kulit wajah. Seduh dua sendok makan teh hijau selama satu jam, diamkan hingga air seduhan menjadi hangat kuku. Oleskan air tersebut ke wajah selama 10 menit hingga mengering. Basuh dengan air, keringkan, dan beri pelembap. Gunakan masker ini sehari sekali.

Tips Mencegah Timbulnya Komedo :
  • Mencuci wajah dua kali sehari dengan pembersih minyak atau pembersih jerawat.
  • Hindari rokok dan polusi yang berlebihan, pakailah masker kain pada saat di luar.
  • Menggunakan makeup, lotion dan wajah pembersih yang diperuntukkan bagi wajah berminyak.
  • Hapus bersih makeup sebelum tidur dengan air hangat.
  • Mengurangi asupan makanan berminyak, seperti cokelat, makanan goreng, dan fast food.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung beta-karoten.
  • Jangan pernah meremas komedo karena dapat menyebabkan bakteri menyebar sehingga menimbulkan komedo baru dan bekas luka.