Jenis Kain

Apabila kamu ingin membeli batik sebaiknya pastikan dahulu kegiatan yang akan lakukan (untuk sehari-hari atau untuk acara tertentu). Ini dimaksudkan agar kamu merasa lebih  nyaman dalam mengenakan batik. Jika baju batik tersebut akan kamu gunakan sehari-hari sebaiknya memilih kain batik yang berbahan katun, karena dapat menyerap keringat dan tetap nyaman.

Motif Batik

Pilihan motif batik pun perlu kamu pertimbangkan. Apakah kamu akan membeli jenis batik tulis, batik cap, atau batik jumputan. Biasanya jenis batik tulis akan memiliki harga yang lebih mahal daripada batik cap, karena dalam pembuatan batik tulis ini diperlukan kreatifitas yang tinggi dan memerlukan proses yang sangat panjang.

Mengetahui Bahan

Balikan bahan baju batik yang akan kamu beli, agar kamu mengetahui kualitas batik yang akan dibeli. Biasanya batik yang memiliki kualitas baik adalah batik yang cetakan luar dan dalamnya memiliki cetakan warna yang sama. Jenis ini berarti memiliki kualitas yang baik. Apabila cetakan dan corak telah sama, ini menunjukkan bahwa kain batik tersebut telah melalui proses secara detail. Biasanya jenis kain batik yang seperti ini lebih awet digunakan dan tidak mudah luntur daripada kain batik yang memiliki cetakan warna yang tidak sama pada bagian luar dan dalamnya.

Menempelkan pada Kulit

Kalau kamu akan membeli kain batik disarankan agar kamu menempelkan kain tersebut pada kulit. Ini bertujuan agar kamu tahu kualitas bahan yang digunakan untuk kain batik tersebut. Salah satunya dengan merasakan rasa dingin yang ditimbulkan pada saat kamu memakai kain batik tersebut. Ini artinya bahwa kain batik yang kamu pilih memiliki kualitas yang baik dan akan menimbulkan rasa nyaman pada saat kamu memakainya.

Biasanya jenis kain seperti ini tidak mudah pudar apabila dicuci berkali-kali. Jangan takut kalau kamu menemukan jenis kain batik yang kaku, karena hal tersebut memang sering terjadi dan akan melunak pada saat kamu sering mencucinya.