Hindari Memakai Sabun

Agar batik tidak cepat kusam, hindari penggunaan sabun deterjen pada saat pencucian. Lebih baik menggunakan cairan khusus yang banyak dijual di pasaran, seperti lerak atau shampo. Larutkan lerak atau sampo ke dalam air. Perhatikan agar tidak ada bagian yang mengental sehingga tidak merusak warna kainmu.

Tidak Dikucek dengan Kasar

Kuceklah batik dengan lembut menggunakan tangan. Tidak dianjurkan menggunakan mesin cuci, karena mesin cuci akan menggiling kain dengan keras.

Jemur di Tempat yang Teduh

Jemurlah di tempat yang teduh dan diangin-anginkan, agar motif batik tidak cepat kusam. Cahaya matahari akan membuat warna batik menjadi mudah pudar.

Tidak Menyetrika Langsung

Setrikalah baju batikmu di bagian dalam saja. Jika kamu tetap akan menyetrika di bagian luar, pakailah kain lain untuk melapisi baju batikmu. Kebanyakan motif batik bersifat halus dan tidak mudah kusut saat kering.

Hindari Menyemprot Cairan

Jangan menyemprotkan cairan apapun langsung ke baju batik, baik parfum atau pengharum badan lainnya. Semua jenis cairan akan merusak motif batik dengan cepat.

Jauhkan dari Kapur Barus

Agar batik kesayanganmu tidak mudah kusam, ambilah merica atau lada yang dibungkus tisu, yang diletakkan di sudut lemari. Hindarkan batikmu dari kapur barus, karena kapur barus merupakan zat padat yang sangat keras yang dapat merusak batikmu.