Sinar UVB

source: http://www.beranimatahari.com

UVB adalah penyebab mengapa kulit kita menjadi terbakar ketika berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Paparan sinar UVB dalam kadar yang tinggi pada kulit kita akan mendorong kulit untuk melepaskan zat histamin dalam jumlah banyak pada kulit kita akan menyebapkan pelebaran pembuluh darah dan peradangan.

Paparan UVB dalam waktu lama akan menyebabkan sel kulit mati dan pada akhinrya mengelupas. Pernahkan kamu berenang/berjemur pada siang hari dan setelahnya kulit menjadi kemerahan, terbakar dan mengelupas? Inilah dampak buruk sinar UVB pada kulit.

Sinar UVA

source: http://www.beranimatahari.com/

Sinar UVA tidak terasa panas di kulit & dapat menembus kulit lebih dalam daripada sinar UVB. Menurut studi para ahli selama 20 tahun mengatakan bahwa sinar UVA merusak sel kulit (keratinosit) yang pada akhirnya berkontribusi dalam menyebabkan kanker kulit.

Melindungi diri dengan menggunakan sunblock pada kulit untuk menangkal sinar UV dan secara teratur menggunakan kembali dalam selang 2-3 jam dapat menghindarimu dari kanker kulit.

SPF (Sun Protecting Factor)

source: http://highlifeshenanigans.com/2016/06/importance-of-spf.html

SPF adalah ukuran untuk menentukan seberapa lama tingkat perlindungan yang diberikan tabir surya pada kulit kita terhadap paparan sinar UVB. Tubuh kita sebenarnya memiliki kandungan alami yang berfungsi sebagai SPF, dapat juga ditemukan pada buah kelapa, kacang almond, buah zaitun, dan buah alpukat.

Untuk lebih optimal dalam menjaga kulit kita, lebih baik tetap menggunakan sunblock/tabir surya ketika berada berada di bawah sinar matahari langsung.  SPF di tandai dengan angka (contohnya: SPF 15, SPF 30 , SPF 50) semakin besar angka yang tertera pada kemasan semakin lama waktu proteksi yang diberikan terhadap sinar UVB

PA (Protecting grade of UVA)

source: http://highlifeshenanigans.com/2016/06/importance-of-spf.html

PA adalah ukuran (mengacu pada standart di Jepang) yang digunakan untuk menentukan seberapa besar perlindungan sunblock untuk melindungi kulit kita dari sinar UVA. Lebih mudahnya, jika SPF akan melindungi kulit dari sinar UVB, maka PA akan melindungi kulit kita terhadap sinar UVA.

PA ditandai dengan kode + (contohnya: PA+++), semakin banyak tanda (+) maka semakin tinggi tingkat proteksinya terhadap sinar UVA.