Manfaat Kecantikan Minyak Zaitun

Minyak zaitun diperoleh dari ekstrak buah zaitun (olea europaea) yang banyak ditemukan di kawasan Mediterania. Selain kaya akan vitamin A dan E, minyak zaitun juga memiliki kandungan utama berupa polifenol dan asam oleic yang kesemuanya memiliki manfaat besar dalam merawat kecantikan kulit antara lain:

1. Melembapkan 
Minyak zaitun ekstra murni memiliki kemampuan dalam menembus jauh ke dalam kulit, terutama kulit wajah. Pada saat itulah minyak zaitun akan memberikan kelembapan yang dibutuhkan sebagai perisai untuk melindungi kulit dan menjaganya tetap halus. Antioksidan yang diperoleh dari kandungan vitamin A dan E inilah yang menjadi perisai terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebih dan polutan. Lalu bagaimana jika kulit sudah terlanjur rusak? Ternyata minyak zaitun juga mampu memperbaiki sel kulit yang rusak, lho! Untuk itu sejumlah ahli kulit dan kecantikan sangat menyarankan untuk rutin memakai minyak zaitun ekstra murni sebagai pelembap. Kamu bisa memakainya setiap pagi dan malam hari. Tak perlu khawatir sebab minyak zaitun akan menjaga kestabilan minyak di permukaan kulit wajah.

2. Pengelupasan
Ratu Cleopatra dari Mesir dikenal sebagai orang yang rajin menerapkan minyak zaitun dalam ritual perawatan kecantikan kulitnya, terutama untuk proses pengelupasan atau eksfoliasi kulit. Hal ini dilakukannya untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga akan memicu regenerasi kulit sehingga kulitnya tetap awet muda. Kamu pun bisa mencobanya dengan cara mencampurkan minyak zaitun ekstra murni dengan garam laut untuk membuat scrub alami untuk kulit wajah, terutama jika wajahmu sangat kering dan cenderung bersisik.

3. Elastisitas
Saat memijat minyak zaitun ekstra murni di kulit wajah, maka itu akan membantu meningkatkan elastisitas kulit. Kamu bisa melakukannya kapanpun dan sesuka yang kamu mau karena ini adalah bahan alami tanpa kandungan bahan kimia berbahaya yang bisa merusak kulit.
 

Penerapan Minyak Zaitun dalam Kecantikan

1. Sebagai Pembersih Wajah
Dengan memakai minyak zaitun ekstra murni sebagai pembersih wajah, maka kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah, sekaligus mengencangkan, melembutkan, dan melembapkan kulit secara alami. Pembersihan wajah dengan minyak zaitun bisa dilakukan dengan sebagaimana yang telah dibahas di atas, yaitu ditambah garam laut atau gula pasir.

2. Sebagai Masker Wajah
Pemakaian minyak zaitun sebagai masker wajah sangat direkomendasikan untukmu yang ingin mendapatkan kulit wajah yang lebih kencang namun tetap lembap. Kamu bisa melakukannya dengan cara:

  • Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun ekstra murni dengan 1 sendok teh madu murni dan 1 kuning telur yang telah dikocok lepas.
  • Aduk rata lalu oleskan pada seluruh wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
  • Diamkan pada wajah selama sekitar 15 menit lalu cuci kembali wajah dengan air hangat lalu air dingin.
  • Biarkan wajah mengering sendiri lalu beri pelembap wajah favoritmu.

Dengan melembapkan wajah menggunakan minyak zaitun setelah penggunaan masker, maka hal itu bisa merangsang produksi kolagen dan elastin.

3. Sebagai Krim Malam
Kamu bisa meracik sendiri krim malam dari minyak zaitun ekstra murni untuk menjadikan kulit wajahmu terlihat bersinar. Caranya:

  • Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun dengan 1/2 sendok teh air mineral.
  • Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya dan biarkan semalaman.

Minyak zaitun akan melembutkan, melembapkan, sekaligus mencerahkan warna kulit. Sementara itu air akan mengembalikan hidrasi kulit.

4. Sebagai Makeup Remover
Tak perlu khawatir lagi jika ingin membersihkan riasan terutama riasan mata. Kamu hanya perlu meneteskan beberapa tetes minyak zaitun ekstra murni pada kapas wajah lalu mulailah membersihkan makeup yang masih menempel.

source: http://www.21food.com/showroom/76410/productlist/list.html

Banyak pilihan untuk minyak zaitun ekstra murni. Kamu bisa mendapatkannya di supermarket atau membeli secara online. Namun pastikan untuk memilih minyak zaitun ekstra murni, sebab minyak zaitun ini memiliki kandungan nutrisi yang tetap terjaga karena melalui proses pengolahan yang sedikit. Biasanya minyak zaitun ini diproduksi dari negara-negara Mediteranian seperti Spanyol dan Italia.