Dalam Kandungan Nutrisi Minyak Kelapa Tersimpan Rahasia Kecantikan Kulit

Minyak kelapa murni sering digunakan dalam perawatan kecantikan. Minyak kelapa ini diperoleh dari ekstrak lemak buah kelapa melalui proses pendinginan sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga. Hal ini sangat penting sebab dalam kandungan nutrisi minyak kelapa tersimpan rahasia untuk mendapatkan kecantikan kulit. Adapun kandungan nutrisi pada minyak kelapa:

1. Vitamin C
Penting dalam merangsang produksi kolagen, melawan radikal bebas penyebab penuaan dini, serta meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

2. Vitamin E
Kontribusi vitamin E terhadap perawatan kulit telah terkenal sejak dulu. Vitamin E berperan penting sebagai antioksidan kuat dalam melawan radikal bebas untuk pertumbuhan kulit yang sehat, menjaga kulit halus, serta mencegah penuaan dini dan kerutan pada kulit. Dalam 100 gram minyak kelapa murni memiliki sekitar 0,1 mg vitamin E.

3. Protein
Minyak kelapa kaya akan protein yang mampu menjaga kulit tetap sehat dan diremajakan, baik secara internal maupun eksternal. Protein juga memberikan kontribusi untuk kesehatan dan perbaikan jaringan selular lainnya dalam tubuh. Untuk setiap sel yang rusak pada kulit, aliran protein akan menjamin penggantian sel kulit yang rusak pada tingkat normal. Sebaliknya jika kekurangan protein, maka proses penyembuhan pada kerusakan kulit akan mengalami proses yang lebih lama.

4. MCT (Medium Chain Triglycerides)
Asam lemak jenuh ini mampu menembus jauh hingga ke dalam pori-pori. MCT akan bekerja dengan cara mengeblok pori-pori yang tersumbat, melarutkan minyak yang menyumbat pori-pori, sekaligus menghilangkan kotoran, debu, dan kuman pada sel kulit. Bila diaplikasikan pada kulit akan membuat kulit terasa halus dan lembut, terjaga kelembapannya, dan mengurangi munculnya pori-pori.

5. MCFA (Medium Chain Fatty Acids)
Asam lemak ini mampu melindungi kulit dari infeksi dan bakteri, serta membentuk pH kulit yang berperan dalam membunuh bakteri, khususnya bakteri penyebab jerawat Propionibacterium.

6. Lauric Acid, Capric, dan Caprylic Acid

  • Lauric Acid: asam lemak ini terbentuk secara alami pada saat pemrosesan minyak kelapa organik. Lauric acid diketahui efektif dalam melawan bakteri penyebab jerawat.
  • Capric Acid: asam lemak ini berisi anti mikroba dan antivirus yang sangat kuat dalam melindungi kulit.
  • Caprylic Acid: asam lemak ini akan bertindak sebagai antioksidan yang mampu merawat kulit sensitif dan berminyak.
Perpaduan ketiganya juga berkontribusi dalam memberikan energi untuk proses penurunan berat badan. Menurunkan berat badan adalah cara yang baik untuk meningkatkan kualitas kulit dengan mengurangi kelebihan lemak, stretch mark, serta kerutan dan lipatan di kulit.
 
source: https://www.organicfacts.net/health-benefits/oils/coconut-oil-for-skin.html

 

Aplikasi Minyak Kelapa dalam Kecantikan

1. Sebagai Pelembap
Kebanyakan dari kita menggunakan beberapa krim dan lotion untuk melembapkan kulit, terutama kulit wajah dan tangan. Minyak kelapa merupakan pelembap kulit yang hebat karena dapat membantu menyingkirkan kondisi kulit yang kering dan kasar. 

2. Sebagai Masker Wajah
Dengan sejumlah kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kulit, minyak kelapa murni dapat digunakan sebagai masker wajah. Berikut ini salah satu resepnya:

  • Tuangkan 1 sendok makan minyak kelapa murni dalam wadah bersih.
  • Tambahkan 2 sendok teh madu murni.
  • Aduk rata lalu oleskan pada seluruh wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
  • Diamkan selama sekitar 20 - 30 menit sebelum mencuci kembali wajah dengan air.
3. Sebagai Lip Balm
Jika bibirmu kerap mengalami pecah-pecah, tak perlu khawatir. Minyak kelapa murni bisa menjadi lip balm alami yang dapat merawat bibir. Kamu bisa memakainya di malam hari sebelum tidur pada bibir yang telah dibersihkan sebelumnya dan biarkan semalaman. Minyak kelapa adalah bahan alami yang sangat direkomendasikan sebab tanpa bahan kimia sehingga tak perlu khawatir jika tertelan.

4. Sebagai Makeup Remover
Saat ini sudah mulai banyak wanita yang menggunakan minyak kelapa murni sebagai makeup remover.
source: https://www.amazon.com/Viva-Labs-Finest-Organic-Coconut/dp/B00DS842HS

Untuk mencari produk minyak kelapa murni tidaklah susah karena sudah banyak online shop ataupun website e-commerce yang menyediakannya, baik lokal maupun mancanegara. Kamu hanya perlu lebih selektif memilih dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti kualitas dan harga.