Keunggulan Tanah Liat Bentonit sebagai Masker Wajah

Tanah liat bentonit adalah jenis tanah liat yang memiliki sifat alami menyembuhkan dan detoksifikasi. Jenis tanah liat ini diekstrak dari abu vulkanik gunung berapi. Komponen dari tanah liat bentonit terdiri dari: zat besi, kalium, silika, natrium, dan kalsium, yang kesemuanya adalah jenis mineral yang bermanfaat dalam perawatan kulit sehat. 
 

source: http://www.slideshare.net/NaturesGarden/cosmetic-clayclass

Sebelum membuat sendiri masker wajah untuk mengatasi komedo dari tanah liat bentonit, berikut ini keunggulannya yang perlu kamu tahu:

1. Membuka Pori-pori Wajah yang Tersumbat
Kulit wajah kadang-kadang tersumbat oleh sebum, minyak yang secara alami diproduksi oleh kulit agar tetap lembap atau mencegah kulit dari kekeringan. Namun produksi sebum berlebih adalah penyebab utama komedo dan jerawat. Sebum yang berlebih akan terjebak di pori-pori kulit dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi bakteri untuk berkembang. Bakteri menyebabkan peradangan yang menyebabkan komedo dan jerawat. Namun penggunaan masker tanah liat bentonit akan menarik kelebihan sebum dari kulit.

2. Mengecilkan Pori-pori dan Mengencangkan Kulit
Tanah liat bentonit memiliki sifat astringent sehingga memiliki kemampuan untuk mengecilkan ukuran pori-pori yang membesar. Pori-pori membesar biasanya disebabkan oleh akumulasi minyak dan kotoran di kulit, usia (karena hilangnya elastisitas kulit), dan kerusakan sinar matahari. Penggunaan masker tanah liat bentonit akan mengurangi munculnya pori-pori yang membesar dan membuat kulit tampak lebih muda.

3. Menarik Racun Melalui Kulit 
Tanah liat bentonit akan membantu menarik keluar racun melalui kulit. Muatan listrik yang dihasilkan oleh tanah liat bentonit basah terdiri dari ion negatif yang menarik ion positif dalam racun dan logam berat. Racun-racun yang berbahaya bagi kulit termasuk plutonium, timah, dan merkuri yang dapat menyebabkan penuaan dini mampu ditarik oleh tanah liat bentonit.

4. Mengeksfoliasi Kulit
Eksfoliasi kulit bisa membantu peremajaan kulit karena akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan penyumbatan pori-pori. Pori-pori yang tersumbat bisa menyebabkan komedo dan jerawat. Pemakaian masker tanah liat bentonit akan mengeksfoliasi kulit dan mendorong pembaharuan sel kulit yang lebih sehat.

5. Menyingkirkan Noda Wajah
Ada berbagai jenis masalah kulit wajah yang meliputi komedo, perubahan warna kulit, warna kulit tidak merata, dan bintik-bintik usia. Astringent alami pada tanah liat bentonit mampu menyingkirkan noda apabila dipakai secara rutin dan teratur sebaga masker wajah.
 

source: https://www.hivehealthmedia.com/miraculous-health-benefits-of-bentonite-clay/

DIY: Masker Tanah Liat Bentonit untuk Mengatasi Komedo

Bahan:

  • 2 sendok teh tanah liat bentonit
  • 1 sendok teh air


Cara membuat:

  • Masukkan 2 sendok teh tanah liat bentonit dalam wadah bersih.
  • Tambahkan 1 sendok teh air. 
  • Aduk rata hingga masker wajah siap dipakai.

Cara Pakai:

  • Oleskan pada seluruh wajah yang telah dibersihkan sebelumnya sambil dipijat lembut.
  • Diamkan selama sekitar 30 menit sebelum mencuci kembali wajah dengan air.
  • Setelah wajah dicuci, biarkan mengering sendiri dan sesaat setelah kering oleskan pelembap wajah favoritmu.
source: http://loveforyourskin.net/5-amazing-skin-benefits-using-bentonite-clay-mask/

Lakukan perawatan ini minimal 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang bebas dari komedo, jerawat, dan noda.