1. Teh

Teh memang nikmat diminum kapanpun. Baik di cuaca yang dingin dengan teh hangat ataupun di cuaca yang panas dengan es teh manis yang segar. Selain nikmat, teh juga mengandung manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk untuk mengatasi masalah ketombe. Namun, untuk mengatasi ketombe, tentu teh ini tidak kita konsumsi. Larutan teh yang digunakan juga bukan teh yang segar melainkan teh yang sudah didiamkan semalaman.

source: http://health.kompas.com/read/2015/12/10/080100023/Teh.Putih.vs.Teh.Hijau.Mana.Lebih.Sehat.

Caranya, buat larutan teh dalam sebuah wadah. Tutup wadah tersebut dan biarkan larutan teh selama semalam. Teh yang sudah basi, bisa kamu gunakan untuk mencuci rambut sebelum keramas. Basuh rambut menggunakan teh basi, lalu pijat selama beberapa menit. Setelah itu, keramas menggunakan sampo dan bilas sampai benar-benar bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak tiga kali dalam satu minggu.

2. Yogurt

Jika memiliki yogurt di rumah, jangan hanya dikonsumsi. Kamu bisa memanfaatkan yogurt untuk mengatasi masalah ketombe. Caranya, ambil 2-3 sendok makan yogurt lalu campur dengan 1 sendok makan madu. Aduk keduanya hingga merata dan berbentuk pasta.

Terapkan pada kulit kepala dan rambut secara perlahan-lahan hingga merata sempurna. Kemudian pijat lembut selama lebih kurang 10 menit. Tutup rambut dengan membungkusnya menggunakan handuk bersih dan biarkan selama 15 menit. Bilas rambut dengan air sampai bersih dan lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

source: http://www.prevention.com/food/cook/25-things-you-can-do-with-yogurt

Selain melakukan perawatan tersebut, lengkapi pula dengan memenuhi nutrisi pada kulit kepala dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur. Kurangi kebiasaan styling rambut dan pilih sampo anti ketombe yang tepat.

Semoga bermanfaat!