Komedo

Komedo terbentuk ketika pori-pori kulit  tersumbat oleh sel kulit mati, sebum, keratin, minyak, dan kotoran lainnya. Kemudian berubah warna menjadi hitam ketika teroksidasi oleh oksigen dan biasanya kita sering menyebutnya dengan istilah komedo hitam. Selain komedo hitam, komedo juga ada yang berwarna putih. Komedo putih tumbuh di atas pori-pori dan tampak seperti tonjolan jerawat kecil.

Terkait hitam atau putih komedo yang kita alami akan lebih baik jika kita tahu cara menghilangkannya. Berikut adalah produk masker komedo dengan harga di bawah Rp20.000 yang bisa kita coba untuk menghilangkan komedo tanpa harus kesakitan memencetnya.
 

Shiseido Natorgo Mud Mask

Produk ini terbuat dari lumpur di laut dalam yang kaya mineral dan bahan alami. Untuk hasil maksimal sebaiknya steam wajah terlebih dahulu dengan mendekatkan wajah pada uap air mendidih hingga 5-10 menit. Usap keringat dengan tisu terlebih dahulu sebelum menggunakan masker. Olesi area hidung dengan masker Sheiseido. Tunggu mengering sekitar 30 menit. Angkat masker dari bawah ke atas.

Disarankan hanya memakai di area hidung karena ketika sudah kering, masker ini sangat lengket sehingga bila dioleskan pada seluruh wajah akan membuat rambut-rambut lembut ikut tertarik.
 

Garnier Oil Clear Self Heating Sauna Mask

Seperti namanya, bila dipakai masker ini akan menimbulkan sensasi hangat seperti sedang sauna. Diperkaya dengan clay dan zinc, masker ini berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sebum penyebab komedo. Cara penggunaannya cukup praktis karena tinggal oles ke seluruh wajah. Cocok digunakan pada wajah berminyak karena masker ini dapat mengontrol minyak berlebih.
 

Mentholatum Acnes Pore Strip

Produk ini adalah salah satu anggota dari Acnes Treatment Series yang dikeluarkan oleh PT. Rohto Laboratories Indonesia. Produk-produk dari Acnes memang diformulasikan khusus untuk tipe wajah berjerawat. Dilisensi oleh Mentholatum USA dan telah menjadi produk nomor satu kategori acne care di berbagai negara yaitu Taiwan, China, Jepang dan Hongkong.

Mentholatum Acnes ini berbentuk pore strip yang ditempel pada hidung. Sangat cocok untuk wajah berjerawat yang juga ingin menghilangkan komedo.
 

Masker Ketan Hitam

Masker ketan hitam ini mengandung sari ketan hitam dan madu, berfungsi untuk menjaga keremajaan kulit. Kaya dengan vitamin E sebagai antioksidan, lemongrass oil sebagai astrigent yang dapat mengecilkan pori-pori. Produk ini juga terbukti dapat mengencangkan kulit. Gunakan secara teratur hingga dua atau tiga bulan untuk hasil maksimal.