1. Sesuaikan dengan Waktu dan Tempat

Tak heran bila wanita memiliki lipstick lebih dari satu dari berbagai brand kosmetik. Karena pemakaiannya juga disesuikan dengan kondisi. Bila kamu ingin menggunakan lipstick berwarna cerah bisa digunakan saat acara malam hari. Sedangkan untuk acara di siang hari bisa pilih warna lipstik yang lebih lembut. 
 

source: http://www.modelcocosmetics.com/celebrity/celeb-trend-bright-pink-lips/

2. Buat Agar Makeup Lebih Ringan

Beberapa makeup artist menyarankan untuk menggunakan makeup yang lebih tipis saat memakain bold lipstick. Hal ini untuk mengimbangi pemakaian lipstik agar tidak terkesan berlebihan. Hindari riasan mata yang berat seperti smoky eyes. Cukup gunakan eyeshadow berwarna natural, kemudian tambah mascara dan eyeliner saja terutama untuk acara di luar pesta. 

source: http://csdnews.com/5-tips-memakai-lipstick-merah/

3. Hindari Blush Warna Terang

Banyak wanita tetap ingin menggunakan blush agar wajah tidak tampak pucat. Namun hati-hati, karena blush yang terang juga dapat membuat wajahmu terlihat menor. Kamu bisa menggunakan blush berwarna nude agar tampak lebih elegan dan seimbang.
 

source: http://m.detik.com/wolipop/read/2016/07/17/150534/3255121/234/5-tips-dasar-memakai-blush-on-agar-hasilnya-natural

4. Hindari Kondisi Bibir Pecah-Pecah

Bila memiliki bibir pecah-pecah sebaiknya lakukan eksfoliasi terlebih dahulu. Karen tekstur bibir yang pecah-pecah akan lebih mudah terlihat saat memakai lipstik berwarna cerah. Gunakan lip scrub kemudian lip balm agar bibir tampak lebih halus dan lembap. 
 

source: http://diybeautyhomeremedies.com/2016/02/08/powerful-diy-lip-scrub-for-chapped-lips/

5. Memakai Lip Liner Warna Senada

Banyak wanita menggunakan lip liner untuk membuat bibir lebih bervolume. Terutama saat memakai lipstick yang berwarna bold. Bila kamu ingin menggunakan lip liner, pilih yang warnanya senada dengan warna kulit asli. Bila warna lip liner berbeda akan mudah terlihat seperti menerapkan teknik two-tone atau dua warna. 
 

source: http://malesbanget.com/2015/06/6-jenis-kosmetik-pada-bibir-part-2/

6. Aplikasikan dengan Brush

Hindari menggunakan lipstick langsung pada bibir. Sebaiknya gunakan brush agar tampilan bibir lebih rapi, karena lipstick dengan warna yang bold mudah terlihat berantakan jika tidak diaplikasikan secara rapi dan hati-hati.
 

source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2227800/cegah-warna-lipstik-agar-tidak-menempel-pada-gigi