Step 1

Sebelum menggunakan makeup, pastikan wajah kamu sudah bersih dari kotoran dan debu, ya. Kamu bisa menggunakan sabun muka favorit untuk membersihkan kulit wajah. Pastikan juga, tangan kamu bebas dari bakteri atau kotoran agar nantinya kulit wajah tidak menjadi bermasalah.

Step 2

Setelah membersihkan wajah, kamu bisa mengaplikasikan toner ke seluruh area wajah. Tujuannya untuk memastikan agar debu yang menempel di handuk saat mengeringkan wajah tidak menyumbat pori-pori. Kamu bisa mengusapkan toner sesuai dengan arah kulit, yakni mengikuti tumbuhnya bulu-bulu halus di wajah dari dalam ke luar. Usai mengaplikasikan toner, kamu bisa menambahkan serum di kulit wajah. Salah satu fungsi serum adalah untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

Step 3

Agar kulit kamu terlindung dari paparan sinar UVA dan UVB, jangan lupa untuk menggunakan sunblock. Kedua sinar ini bisa membuat kulit kamu menjadi tidak cerah dan juga kanker kulit, lho. Aplikasikan sunblock ke seluruh area wajah dan leher. Gunakan sunblock saat di dalam ruangan juga, ya. Sebab, sinar UVA dan UVB juga bisa masuk dari jendela kaca di ruangan kamu.

Step 4

Oleskan primer secara tipis di T-zone dan apple zone. T-Zone adalah di area kening dan hidung. Sedangkan apple zone ialah area pori-pori di bagian pipi. Penggunaan primer ini berfungsi untuk melapisi dan mengontrol warna pada kulit wajah.

Step 5

Setelah sunblock dan primer sudah menyerap dengan baik di kulit, saatnya kamu mengaplikasikan BB cushion. Untuk pengaplikasiannya, kamu tidak usah menggunakan di seluruh area wajah. Cukup di bagian yang tidak akan dibubuhkan shading. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mengaplikasikannya secara tipis dan berlayer. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya di area leher juga.

Agar wajah tidak terlihat lebih berminyak, kamu bisa tambahkan powder  secara tipis setelah menggunakan BB cushion tadi.

Step 6

Saat memilih warna eyebrow, kamu bisa sesuaikan dengan warna rambut agar tampak naturla. Aplikasikan eyebrow dengan mengikuti arah alis. Bila kamu sudah memiliki alis yang tebal, cukup menggunakannya di bagian ujung untuk menutup bagian alis yang lebih tipis. Tapi, bila kamu memiliki alis yang tipis, kamu bisa mengaplikasikannya sesuai dengan bentuk alis yang kamu inginkan. Setelah itu, aplikasikan brow mascara setelahnya alis agar hasilnya lebih maksimal.

Agar tampilan wajah kamu menjadi lebih muda, kamu bisa membuat alis menjadi lebih panjang saat mengaplikasikan eyebrow. Caranya, gunakan brush atau pensil alis kamu untuk mengukurnya. Luruskan brush atau pensil alis kamu dari cuping hidung ke ujung garis mata dan ujung alis. Bila kamu sudah menemukannya, kamu bisa menggambarnya hingga titik tersebut.

Step 7

Untuk area mata khususnya kelopok mata, aplikasikan warna yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Aplikasikan di seluruh bagian kelopak mata kamu. Bagi kamu yang memiliki mata sipit dan ingin menampilkan mata lebih besar, kamu bisa aplikasikan eyeshadow ini hingga di area bawah mata. Setelah itu, tambahkan warna berikutnya sesuai yang kamu inginkan. Dalam video ini, Yoora menambahkan warna Factory dari Urban Decay Naked 3 untuk membuat gradasi warna. Cukup gunakan di sudut garis lipatan mata hingga sudut bagian bawah mata saja, ya. Lalu di-blend dengan warna base tadi menggunakan brush.

Step 8

Lanjut ke bagian shading, kamu bisa menggunakan warna produk shading yang lebih gelap dari warna kulit. Ada dua area wajah yang bisa kamu beri shading untuk menghasilkan tampilan wajah berbeda. Untuk membuat shading pada hidung, kamu bisa memulai mengusap shading dari bagian luar tulang hidung hingga garis mata. Usapkan juga hingga ke bagian kelopak mata agar kamu yang memiliki lipatan mata tipis bisa terlihat berbeda. Gunakan juga shading di bagian ujung hidung supaya hidung kamu terlihat mancung. Untuk bagian luar tengah hidung, kamu bisa usapkan shading dengan warna yang lebih terang, ya. Biar tidak terlihat mencolok dengan warna gelap di hidung kamu.

Lalu, bagi kamu yang memiliki wajah chubby dan bulat, kamu bisa menggunakan shading di bagian face line atau area wajah yang tidak di bubuhkan BB cushion tadi. Aplikasikan shading di area tulang pipi dan rahang. Jangan lupa untuk mengapliksaikan di area dahi agar wajah terlihat lebih kecil.

Step 9

Untuk menghasilkan bulu mata yang lentik, kamu bisa menggunakan eyelash curler atau penjepit bulu mata. Setelah itu, kamu bisa aplikasikan eyeliner yang liquid atau pensil. Agar memiliki ilusi mata yang lebih panjang, gunakan eyeliner hanya pada bagian ujung mata saja. Hanya di ujung mata untuk menampilkan ilusi mata yang lebih panjang. Lalu, gunakan mascara dengan arah lurus dari dalam mata ke arah luar.

Step 10

Agar kantung mata kamu tidak terlihat, aplikasikan concealer di bawah mata dan gunakan secara merata. Tambahkan juga sedikit di bagian hidung sebagai pengganti highlighter. Untuk kamu yang ingin menutupi area wajah berjerawat dan noda hitam, kamu bisa mengoleskan concealer dengan menggunakan brush kecil. Caranya, tuangkan secukupnya di tangan, lalu oleskan di area yang kamu inginkan.

Untuk mencegah hasil concealer menjadi cakey saat menggunakan, kamu bisa bubuhkan lagi bedak powder di area yang menggunakan concealer tadi. Lakukan hal ini sekali lagi untuk mendapatkan hasil makeup yang bagus.

Step 11

Supaya penampilan mata kamu terlihat besar, kamu bisa menambahkan highlighter stick. Gunakan di bagian depan mata dekat area hidung. Tambahkan juga di bawah mata untuk menampilkan aegyo sal seperti wanita di Korea. Setelah itu, kamu bisa aplikasikan blush di bawah mata dan di area tulang pipi.

Step 12

Tahap terakhir, kamu bisa oleskan lipstick. Untuk mendapatkan hasil lipstick seperti wanita Korea, kamu bisa memolesnya dari bagian dalam bibi dan cukup di bibir bagian bawah saja ya. Lalu, kamu bisa blend natural dengan mengatupkan kedua bibir atau menggunakan jari.

Bagaimana, tertarik tampil cantik dengan daily Korean makeup ala Han Yoo Ra?

youtube:1upNx18jJ1U
source: https://www.youtube.com/watch?v=1upNx18jJ1U
[Makeup Tutorial] Daily Korean Look Make Up I Yoo Ra