Jangan khawatir, Minasan! Saat ini sudah banyak solusi yang ditawarkan supaya kita bisa tetap bikin bumi kita hijau tanpa harus melakukan banyak hal besar.
Salah satu cara untuk Minasan yang hobi berkebun tapi kurang lahan atau kurang waktu adalah lewat Grow-Kit! Grow-Kit menawarkan solusi berkebun buat kita yang sibuk atau memiliki lahan terbatas. Grow-Kit menyediakan bibit tanaman unggul yang mampu tumbuh di dalam pot kecil. Bahkan lewat Grow-Kit ini, Minasan sudah bisa berkebun di mana pun Minasan berada. Grow-Kit bisa diletakkan di meja kantor, kamar, pojok dapur, dan tempat-tempat lain.
source: http://www.soylution.co.id/soylution_center/living_healthy/273/Atasi_Stres_dari_Meja_Kerja
Salah satu merk Grow-Kit yang cukup terkenal adalah milik Paris Garden.
source: http://www.paris-garden.co.za/
Paris Garden menyediakan bibit untuk keperluan dapur, seperti rempah-rempah, daun herbal, buah dan sayur, bahkan bunga untuk di rumah. Dalam satu paket Paris Garden Grow-Kit sudah tersedia bibit tanaman dan media tanam, sehingga Minasan cukup mengikuti instruksi saja maka bibit tersebut akan tumbuh. Mudah bukan? Grow-Kit ini juga direkomendasikan bagi pemula yang ingin berkebun. Kadang mungkin kita tidak tahu cara berkebun yang benar, lewat Grow-Kit ini Minasan yang tertarik belajar berkebun bisa memulai belajar sambil mencari info tentang berkebun.
Paris Garden menawarkan bermacam-macam jenis bibit tanaman.
Kitchen Herbs
source: http://www.paris-garden.co.za/
Cherry Tomato
source: http://www.paris-garden.co.za/
Bermacam-macam bunga
source: http://www.paris-garden.co.za/
Dan masih banyak bibit yang lain.
Untuk merk lokal, Minasan bisa mempertimbangkan Growbox. Growbox adalah sebuah kotak sederhana berisikan bibit jamur tiram yang bisa dibudidayakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Kita dapat merasakan pengalaman baru untuk memiliki pertanian jamur kecil sendiri. Growbox dikembangkan oleh sejumlah anak muda di Bandung, dan saat ini Growbox masih berupa bibit jamur.
source: http://halogrowbox.com/
Grow kit juga bisa digunakan untuk mengajarkan anak-anak untuk memulai berkebun. Tidak perlu repot untuk menyediakan lahan, namun membuat anak-anak juga senang untuk ikut berkebun.