Bekas Luka Baru? Ini Cara Merawatnya

Kalau bekas luka masih baru, mungkin kamu tergoda untuk mengelupasnya dengan tangan. Sebaiknya hal tersebut dihindari karena hanya akan mengganggu proses regenerasi kulit baru. Jangan gunakan terlalu banyak produk atau menggunakan produk yang keras pada bekas luka tersebut.

Jangan Lupa Tabir Surya

Pastikan kamu selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit yang baru terbentuk. Kulit baru sangat rentan terhadap pigmentasi, sehingga butuh perlindungan ekstra dari tabir surya. 

source: http://cpronline.com/5-reasons-to-wear-sunscreen-this-summer/

Gunakan Produk dengan Vitamin C

Banyak produk skincare yang mengandung vitamin C sebagai antioksidan. Namun selain itu, vitamin C juga mampu mencerahkan bekas luka yang berwarna gelap, lho.

Pilih serum yang mengandung vitamin C, seperti OST C20 yang mengandung 20% vitamin C. Untuk perawatan, kamu dapat menggunakan rangkaian skincare vitamin C dari The Body Shop.

Kojic Acid

Apakah kamu pernah mendengar tentang hydroquinone? Dulu, bahan tersebut sering digunakan untuk mencerahkan, namun ternyata berpotensi menyebabkan kanker atau karsinogenik. Kojic acid dikenal sebagai substitusi yang aman untuk hydroquinone.

Kojic acid bekerja menghambat maupun mengurangi produksi melanin yang menyebabkan bekas luka menghitam. Produk-produk dari Kojie San mengandung bahan aktif kojic acid dan sudah tersedia di Indonesia.

Gunakan Produk yang Mengandung Alpha Hydroxy Acid

Alpha Hydroxy Acid atau AHA membantu regenerasi kulit dengan mendorong produksi kolagen, serta mencerahkan bekas luka yang berwarna gelap. Selalu gunakan tabir surya, dan jangan menggunakan produk yang mengandung AHA di luka terbuka atau kulit baru, ya.

Beberapa produk mengandung AHA yang tersedia di Indonesia adalah Lightening Series dari Wardah, serta AHA+BHA Face Wash dari Hada Labo.

 

Rosehip Oil, Solusi Alami

Bagi penggemar facial oil, tentu sering mendengar tentang rosehip oil. Penelitian telah membuktikan bahwa aplikasi rosehip oil pada bekas luka dapat memperbaiki tekstur dan tampilan bekas luka, serta mencerahkan bekas luka yang menggelap. Rosehip oil mengandung trans-retinoic acid dan fatty acid yang penting untuk proses regenerasi kulit.