1. Mascara

Umumnya di setiap produk makeup sudah tertera masa produksi dan expired-nya. Bila lupa kamu bisa mengira-ngira awal pemakaiannya. Jangka waktu pemakaian mascara umumnya sekitar 6 bulan. Sebaiknya hindari pemakaian mascara secara bergantian dengan orang lain karena rentan terhadap kuman. Maskara menggumpal menjadi salah satu ciri bahwa produk sudah tidak bisa digunakan. Apalagi bila formulanya sudah kering dan tidak nyaman dipakai, sebaiknya segera buang dan ganti dengan yang baru. 
 

source: http://floem70.blogspot.co.id/2013/06/cara-mengatasi-maskara-menggumpal.html

2. Eyeliner

Sama dengan mascara, eyeliner memiliki jangka waktu sekitar 6 bulan. Bila permukaan kemasan eyeliner mulai menggumpal, kering, dan sulit digunakan pada kelopak mata, tandanya eyeliner sudah tidak layak digunakan. Segera buang eyeliner dan ganti dengan eyeliner yang baru.

source: https://www.maccosmetics.com/products/13838/Products/Makeup/Eyes/Liner

3. Liquid Foundation

Alas bedak memang tersedia dalam beberapa jenis. Biasanya tak cukup hanya menggunakan satu jenis foundation. Kosmetik ini hanya bisa bertahan sekita 6-12 bulan. Kenali juga tanda-tandanya seperti cairan menimbulkan bau, warnanya berubah dan teksturnya mulai terpisah. Segera buang foundation agar tidak menimbulkan masalah kulit karena termasuk jenis kosmetik yang menempel pada seluruh wajahmu. 
 

source: http://campaign.herworldplus.com/monlancomediary/make-up/goodbye-cakey-foundation-hello-flawless-face

4. Lipgloss atau Lip Balm

Pemakaian lip gloss atau lip balm hanya bisa bertahan selama 1 tahun. Selebihnya sudah tidak dapat digunakan. Tanda-tandanya lip glos atau lip balm menimbulkan bau yang tidak sedap. Bisa juga kedua produk ini semakin lengket atau bahkan semakain kering. 
 

source: http://www.chanel.com/en_US/fragrance-beauty/makeup-lipgloss-88720

5. Lipstick

Produk perona bibir ini memiliki jangka waktu yang lebih lama sekitar 2 tahun. Lebih dari itu harus rela membuang lipstick karena sudah kadaluwarsa. Kamu pasti tidak ingin bibir menjadi kering dan terasa gatal.
 

source: http://www.shoeshow.com.au/content/page/how-to-choose-lipstik.html

6. Powder

Bedak dan lipstik memang memiliki jangka waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 2 tahun daripada kosmetik lainnya. Baik itu bedak padat, eyeshadow, blush, hingga bronzer yang memiliki tekstur powder. Produk kosmetik ini tidak akan habis dalam waktu singkat. Tapi bukan berarti kamu harus menggunakannya lebih dari batas waktunya. Kenali juga tanda-tanda yang mungkin muncul seperti berbau, berubah warna, susah dibaurkan, dan teksturnya semakin kering. 
 

source: http://m.tempo.co/read/news/2013/04/17/110474072/5-jenis-bedak-yang-biasa-dipakai-wanita