1. Kulit Putih

Kulit putih memang cocok menggunakan lipstik berbagai warna. Namun, hindari lipstik berwarna beige pekat yang akan membuat wajah semakin pucat. Hindari pula warna lipstik cokelat tua karena bisa membuat bibir terlihat kurang fresh. Pilih lipstik nude dengan sentuhan pink atau peach sebagai dasarnya agar tampilan wajah lebih hidup. Kamu bisa menggunakan Sariayu Duo Lip Colo K07 dan Wet n Wild Megalst Lipstick Just Peachy.
 

source: http://m.blog.naver.com/elle1004girl/220490471721

2. Kulit Kuning Langsat

Bila memiliki kulit kuning langsat gunakan warna yang tidak terlalu berat di wajah. Pilih lipstik nude dengan dasar beige yang memberikan efek kecokelatan. Pakai lip liner untuk menutup garis bibir yang tampak gelap. Kamu bisa mencoba produk lipstik dari Yves Saint Laurent Rouge Pure Shine Sheer Lipstik shade Natural Beige no 26. Mengandung formula yang memberikan kenyamanan di bibir dan melindungi bibir dari dampak buruk sinar ultraviolet. 
 

source: http://id.ozcosmetics.com/Yves-Saint-Laurent/Rouge-Pure-Shine-Sheer-Lipstik-No-26-Natural-Beige/78530

3. Kulit Sawo Matang

Kebanyakan wanita Indonesia memiliki warna kulit sawo matang. Pilih lipstik nude yang memiliki nuansa orange. Karena warnanya akan memberikan kesan cerah pada wajah. Kamu bisa mencoba Make Over Hi-Matte Lipstik Envy, warnanya pigmented dalam sekali pulasan di bibir. Selain itu juga cukup tahan lama sekitar 6 sampai 8 jam pemakaian. 
 

source: http://udiskon.com/detail/make-over-ultra-hi-matte-lipst-564ca012096f2049c0c92215.html

4. Kulit Gelap

Sedangkan untuk kulit berwarna gelap lebih tepat menggunakan lipstik berwarna cokelat gelap. Warna ini akan membuat bibir tampak hidup pada kulit. Gunakan Lime Crime's Velvetines Salem atau Lipstik MAC shade taupe. Lipstik dari Lime Crime ini memiliki warna yang nyata dalam sekali pulasan dan warnanya tidak mudah hilang. 
 

source: https://www.amazon.co.uk/Pack-CRIME-Velvetines-Liquid-Lipstick/dp/B00JZ5EP3Y