Tidak hanya sebagai obat untuk kesehatan, kasiat minyak zaitun sudah sejak lama terbukti ampuh sebagai bahan kecantikan yang mampu merawat dan melembutkan kulit. Selain itu, manfaat minyak zaitun untuk wajah dapat mencerahkan dan memutihkan kulit secara alami. Tidak hanya itu saja, manfaat lain dari minyak zaitun yaitu mampu menghilangkan flek hitam, membersihkan sel-sel kulit mati sekaligus melembapkan kulit. Minyak zaitun bisa digunakan sebagai masker alami  untuk kecantikan yang mudah dan praktis. Mau tahu cara mengatasi masalah kulit wajah dengan minyak zaitun? Berikut cara mudah mengatasi berbagai masalah kulit kulit wajah secara alami dengan ramuan zaitun. 

Ramuan Zaitun untuk Obat Penghilang Jerawat

Karena kandungan vitamin E yang tinggi dalam minyak zaitun, sangat baik untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah yang berjerawat. Kita tahu, jerawat yang telah hilang terkadang akan meninggalkan bekas atau noda hitan di wajah. Tidak hanya membantu menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat, manfaat masker alami zaitun mampu memperhalus bagian kulit yang sebelumnya mengalami infeksi jerawat. Cara membuatnya cukup mudah. Berikut beberapa prosedur membuat ramuan zaitun dan cara aplikasinya. 

Untuk membantu mengobati jerawat yang sedang muncul di wajah, kamu bisa menggunakan beberapa ramuan zaitun di bawah ini. Berikut langkah yang harus kamu lakukan yaitu:

1. Terapi Pemijatan

  1. Menggunakan minyak zaitun dengan mengambil 1/2-1 sendok makan, dan gunakan untuk obat jerawat dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke bagian kulit yang berjerawat.
  2. Selanjutnya pijat perlahan area wajah yang berjerawat dengan lembut. Lakukan cara sederhana ini kurang lebih 5 menit dan diamkan hingga 15-20 menit.
  3. Bersihkan wajah dengan kain lembut yang telah direndam dengan air hangat.
  4. Untuk hasil terapi pijat yang maksimal, kamu dapat melakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari sebelum tidur malam. Selain mampu mengobati jerawat, ramuan zaitun dengan terapi pijat dapat membantu menyingkirkan bekas jerawat, melembabkan kulit, dan membantu membersihkan sisa-sisa jaringan kulit yang mati. 

2. Scrub Alami

Untuk dapat diterapkan sebagai scrub yang alami, caranya yaitu:

  1. Campurkan baking soda dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1 (sendok makan), aduk hingga tercampur rata.
  2. Oles ramuan scub pada kulit yang berjerawat sambil digosok perlahan (3-5 menit).
  3. Untuk menghilangkan scrub dari wajah, cukup mengelapnya dengan handuk/kain basah.
  4. Kamu juga bisa lakukan cara yang sama dengan menggunakan campuran scrub minyak zaitun dan garam laut. Cara ini akan membantu memudarkan bekas jerawat yang membandel dengan cepat.

3. Campuran Lemon

Cara yang lain untuk mengatasi masalah jerawat dengan membuat ramuan alami dari zaitun yaitu menggunakan campuran air lemon dan minyak zaitun. Langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Siapkan 1 sendok teh minyak zaitun dan 1/2 sendok teh air lemon.
  2. Campurkan kedua bahan di atas sambil diaduk perlahan.
  3. Oleskan campuran air lemon dan minyak zaitun ke bagian wajah yang terkena jerawat. 
  4. Diamkan sejenak hingga sedikit mengering (5-10 menit).
  5. Terakhir, bilas wajah dengan air hangat lalu dengan air dingin.
  6. Lakukan cara ini 2 kali sehari untuk hasil optimal.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba!