Masker Pisang

Buah pisang mengandung begitu banyak zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi komedo. Ada banyak vitamin yang terkandung dalam buah pisang seperti vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Ambilah buah pisang secukupnya, hancurkan sampai lembut. Kamu bisa menambahkan oatmeal atau madu jika ada. Aduk sampai tercampur dengan baik dan agak kental, kemudian oleskan pada wajah dengan merata. Diamkan selama 10-20 menit, lalu bilas wajah dengan bersih dan keringkan dengan handuk atau tisu.

Gunakan masker pisang ini dengan teratur paling tidak seminggu sekali untuk mendapatkan hasil terbaik. Pisang yang dapat kamu gunakan diantaranya pisang ambon, pisang raja, pisang mas, dan pisang kepok.

Masker Menggunakan Tomat

Buah tomat yang kaya akan vitamin ini ternyata bisa kamu gunakan untuk mengusir jauh komedo. Ambil 1 buah tomat segar dengan ukuran sedang, cuci bersih kemudian hancurkan sampai lembut. Cuci wajah dengan air hangat, dan oleskan tomat yang sudah dilembutkan dengan merata di wajah terutama area yang ditumbuhi banyak komedo sebelum kamu tidur. Biarkan sampai kering atau semalaman sampai keesokan harinya. Cuci wajah dengan bersih dan keringkan.

Kamu juga bisa mencampur masker tomat ini dengan minyak zaitun untuk membantu mengangkat komedo membandel.

Masker Kentang

Makanan andalan kamu yang sedang diet atau vegetarian ini ternyata bisa juga digunakan untuk mengatasi komedo, mencerahkan dan menghaluskan wajah, mencegah kulit kering serta mengusir jerawat.

Caranya cukup mudah, ambil 1 buah kentang ukuran sedang lalu kupas dan cuci sampai bersih. Parut kentang sampai halus, atau masukan ke dalam food processor sampai kentang halus. Kamu juga bisa menambahkan madu dan sedikit perasan lemon jika ada. Oleskan pada bagian wajah secara merata terutama area yang berkomedo. Diamkan 20-30 menit, setelah dirasa cukup cuci wajah sampai bersih dan keringkan.

Gunakan masker kentang ini secara teratur 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Masker Lemon dan Madu

Kandungan vitamin C pada lemon sangat ampuh untuk mencegah jerawat, mengatasi komedo, dan juga mencerahkan wajah. Siapkan lemon dengan ukuran sedang dan ambil airnya secukupnya. Tambahkan madu sampai agak mengental, kemudian oleskan pada wajah yang sudah kamu cuci sebelumnya. Biarkan selama 15-30 menit atau sampai kering, kemudian basuh wajah dengan air dingin dan keringkan.

Lakukan 2 kali seminggu dan lihat hasilnya. Selain mengusir komedo, masker ini juga bermanfaat untuk menghilangkan noda bekas jerawat jika dilakukan secara rutin.

Selain menggunakan masker untuk mengatasi komedo dengan teratur, sebaiknya kamu juga merawat wajah kamu dengan baik untuk mencegah komedo datang lagi. Pastikan kamu mencuci wajah kamu ketika akan menggunakan makeup atau masker. Kurangi penggunaan bedak padat dan foundation, pastikan kuas makeup bersih dari debu dan cuci wajah kurang lebih 3x sehari dengan menggunakan pencuci yang mengandung pH balance.

Bukankah lebih baik mencegah dari pada mengobati? Mari jaga pola makan, pola tidur, makanan yang dikonsumsi dan perbanyak minum air putih untuk kesehatan wajah, kulit dan tubuh kita.