Seputar Penggunaan Concealer

Jika kamu suka menggunakan powder foundation maka sebaiknya aplikasikan concealer sebelum menggunakan foundation, karena jika dipakai setelah foundation akan membuat tampilan wajah cakey. Pilihlah concealer dengan 1-2 warna lebih cerah daripada warna kulit untuk menetralkan bagian wajah yang bernoda agar tampak sama dengan sekitarnya.

Jika noda di wajah masih banyak, maka pemakaian concealer sebaiknya dipadukan dengan foundation. Kecuali jika noda di  wajah nyaris tidak ada, maka cukup menggunakan concealer tanpa perlu menggunakan foundation. Meskipun begitu, kamu harus memastikan bahwa concealer itu dapat menyatu sempurna di wajah.

source: http://fashion-spreads.com/how-well-you-apply-makeup-in-the-summer.html

Selanjutnya, kamu harus menyesuaikan concealer yang sesuai dengan jenis kulit untuk mendapatkan hasil akhir yang tahan lama. 


 

1. Liquid Concealer (Concealer Cair)

Keunggulan:

  • Direkomendasikan untuk kulit normal, kombinasi, berminyak, sensitif, dan berjerawat.
  • Daya coverage yang luas mulai dari range ringan (light) hingga penuh (full).
  • Pilihan hasil akhir: dewy, satin, radiant shimmer, dan matte.
Deskripsi:
Concealer cair adalah jenis concealer yang paling serbaguna karena menawarkan daya cover dengan cakupan luas dan bekerja untuk hampir semua jenis kulit kecuali sangat kering.

Jenis concealer ini mudah diterapkan. Untuk aplikasi yang cepat, hanya perlu menggunakan jari tangan yang bersih atau stik aplikator yang ada.
source: https://www.soap.com/p/productname-254834

Concealer cair lebih disukai untuk menutupi jerawat karena resikonya yang paling minim dalam menimbulkan jerawat baru, serta hasil akhirnya yang akan menutupi noda jerawat tanpa membuat wajah nampak cakey. Concealer cair  juga bagus diterapkan untuk menutupi kerutan dan lipatan di kulit wajah.

2. Stick Concealer

Keunggulan:

  • Direkomendasikan untuk kulit normal dan kering.
  • Daya coverage yang luas mulai dari range menengah (medium) hingga penuh (full).
  • Menawarkan hasil akhir satin dan powdery matte.

Deskripsi:
Concealer stick memiliki tekstur semi padat seperti lipstick yang kaya akan pigmen dan lembut. Penggunaannya sangat mudah seperti memakai lipstick dengan mengoleskannya pada bagian wajah yang bernoda. Kebanyakan orang memakainya untuk menutupi noda di bawah mata, sekitar hidung dan mulut.
 

source: http://www.superdrug.com/Maybelline/Maybelline-Cover-Stick-Concealer-03-Nude-5ml/p/667651

Karena mudah dipakai, beberapa orang yang berjerawat juga menggunakannya. Tetapi ini tidak direkomendasikan sebab bahan utamanya bisa berisiko tinggi menyumbat pori-pori dan membuat jerawat semakin parah. Meskipun ada produk concealer stick yang mengklaim bahwa produknya cocok untuk kulit berjerawat, namun bahan utamanya, yaitu lilin (wax) tidak cocok untuk kulit berjerawat.
 

3. Cream Concealer (Concealer Krim)

Keunggulan:

  • Direkomendasikan untuk kulit normal, kering, kombinasi, dan sensitif.
  • Daya coverage yang luas mulai dari range menengah (medium) hingga penuh (full).
  • Menawarkan hasil akhir satin dan creamy.
Deskripsi:
Pada umumnya concealer krim dikemas dalam bentuk pot, palet, atau compact. Concealer krim akan bekerja dengan baik menutupi area di bawah mata dan merupakan salah satu pilihan concealer terbaik dalam menutupi perubahan warna kulit yang berat seperti melasma, patchy, atau kecoklatan (tan).

Cakupan intens yang bisa didapatkan dari concealer krim adalah karena teksturnya yang tebal dan pigmen yang lebih buram, yang artinya lebih bagus dalam meng-cover dibandingkan dengan concealer cair. Hanya saja perlu diaplikasikan dengan teknik pencampuran yang tepat agar tidak terlihat berat di kulit wajah.
source: https://www.avon.com/product/53108/ideal-flawless-cream-concealer

Dengan teksturnya yang halus, concealer krim dapat dipakai dengan menggunakan jari tangan yang bersih, spons, atau sikat concealer kecil. Untuk hasil akhir yang sempurna dan terhindar dari adanya garis-garis, terapkan pula bedak tabur di atasnya.
 

4. Powder Concealer (Concealer Bubuk)

Keunggulan:

  • Direkomendasikan untuk kulit normal.
  • Daya cover yang cukup luas mulai dari range ringan (light) hingga sedang (medium).
  • Menawarkan hasil akhir powdery dan smooth matte.
Deskripsi:
Concealer bubuk dikemas dalam pot yang dengan lubang-lubang kecil di atasnya. Sangat mudah diaplikasikan dengan tekstur bubuknya yang lembut dan bisa cepat menyatu dengan kulit. Concealer bubuk memiliki daya tahan yang lebih lama, namun jika cara aplikasinya kurang tepat maka bisa menimbulkan adanya lipatan atau garis halus di wajah setelah beberapa jam. Concealer bubuk tidak dianjurkan untuk pemilik kullit berjerawat dan sangat kering, karena bisa membuat kulit wajah terlihat terkelupas dan wajah menjadi lebih kering.
 
source: http://www.sephora.com/bareminerals-broad-spectrum-multi-tasking-face-P61006