1. Eye Makeup Tebal

Dibandingkan saat masih berusia belasan atau 20-an, tentu kamu ingin terlihat secantik mungkin dengan tampilan eye makeup yang membuat matamu terlihat lebih besar. Namun, perlu diperhatikan bahwa warna-warna eyeshadow yang bold dan liquid eyeliner super tebal sudah seharusnya kamu tinggalkan jika tak ingin disebut berlebihan dalam memakai makeup. Apalagi, di usia ini wanita cenderung ingin menonjolkan sisi elegan dibandingkan sisi cute-nya. 

source: http://gathery.recruit-lifestyle.co.jp/article/1146598982465742701

Tips: selalu pilih warna-warna eyeshadow matte yang natural seperti pink, nude, dan cokelat untuk sehari-hari. Selalu gambar eyeliner secara tipis untuk menyelesaikan eye makeup. Tenang, kamu masih bisa menggunakan shimmery eyeshadow atau smokey eyes asal disesuaikan dengan tempat dan kondisi, misalnya saat pergi ke mall atau menghadiri undangan pesta. 

2. Highlight di Bawah Mata

Masih sering mengusapkan highlight di bawah mata agar tampak lebih cute? Hati-hati, di usia 30-an rawan timbul garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata. Jika tidak ditutupi dengan baik, garis-garis halus dan kerutan ini bisa makin terlihat dengan tambahan highlight berwarna putih yang shimmery. 

source: http://mery.jp/203099

Tips: butuh alternatif untuk membuat daerah mata terlihat lebih cerah? Lebih baik gunakan concealer dengan coverage yang cukup dan gunakan nude pencil eyeliner di sekitar garis mata agar terlihat lebih fresh.

3. Menggunakan Mascara Terlalu Tebal

Untuk menciptakan efek mata terlihat besar, beberapa wanita menggunakan mascara hingga berlapi-lapis dan mengoleskannya di bulu mata bagian bawah demi mendapatkan bulu mata lentik. Trik ini juga bisa digunakan untuk membuat daerah mata terlihat lebih lebar dan memang terlihat cute, tapi sebaiknya ucapkan selamat tinggal sekarang juga. Selain akan membuatmu terlihat seperti menggunakan makeup tebal, penggunaan mascara yang terlalu tebal juga akan menyebabkan bulu mata terlihat clumpy.
source: http://girly.today/4584

Tips: sebaiknya gunakan volumizing mascara sebanyak 2-3 kali atau secukupnya, dan hindari memakai mascara pada bulu mata bagian bawah agar tampak alami. 

4. Warna Blush Pink Terlalu Terang

Di usia 20-an, menggunakan blush berwarna baby pink mungkin akan membuatmu terlihat semakin girly. Namun di usia 30-an, kamu harus lebih cermat dalam memilih shade blush yang akan dipakai karena tone warna kulit cenderung berubah. Warna blush yang dulu terlihat merona cerah di wajahmu bisa jadi terlalu terang dan terkesan menor.

source: http://gathery.recruit-lifestyle.co.jp/article/1145076984782250701

Tips: untuk mencegahnya, usapkan blush secara tipis-tipis, tempelkan tisu setelahnya, dan lapisi dengan powder agar tidak terlihat menor. Pilih juga warna blush yang lebih natural seperti warna nude atau cokelat. 

5. Base Makeup Natural

Untuk menonjolkan kecantikan kulit yang natural, dulu memang kamu boleh saja menggunakan foundation secara tipis-tipis. Namun jika kamu tak memperhatikan penggunaan secara seksama, garis-garis halus dan kerutan akan mudah terlihat beberapa jam setelah penggunaan foundation.
source: https://welq.jp/4164

Tips: bukan berarti kamu harus memakai foundation secara tebal. Selalu gunakan primer sebelum memakai foundation, dan pilihlah base makeup dengan coverage yang bagus untuk menutupi kerutan. PIlih juga foundation yang dapat memenuhi kebutuhanmu, misalnya yang mengandung bahan anti-aging dan mampu menyamarkan garis-garis halus dengan baik.