1. Bersihkan Wajah Lebih Dulu

Penggunaan sabun cuci muka yang mengandung glycolic acids atau salicylic acid dapat mengurangi kadar minyak yang berlebih pada muka. Apabila sebelumnya sudah mencuci muka dengan menggunakan sabun maka cukup hanya dengan air bersih saja, air bersih juga dapat membantu melunturkan kotoran dan minyak yang menempel pada muka kita.

Beberapa produk facial wash yang cocok untuk wajah berminyak yaitu:
1. Biore Facial Foam Pore & Oil Clear
2. Garnier Pure Active Foam
3. Pond's Oil Control Skin Mattifying Facial Foam
4. Clean & Clear Facial Wash Essentials Apple

source: http://www.kao.com/id/biore/bio_ff_oilcleare_00.html

Seluruh produk tersebut dapat ditemukan dengan mudah di supermarket atau toko-toko terdekat dengan harga yang sangat terjangkau. 

2. Gunakan Moisturizer

Mencuci muka memang dapat membuat kandungan minyak dalam wajah kita berkurang, namun jangan biarkan hal itu membuat muka kamu justru menjadi kering. Gunakan moisturizer untuk melembapkan kulit wajahmu sebelum menggunakan makeup.

Beberapa moisturizer yang cocok untuk pemilik wajah berminyak adalah:
1. Biokos Martha Tilaar Hydro Gel Moisturizer
2. Wardah Moisturizer Gel
3. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Lotion
4. Clean & Clear Essential Moisturizer
5. Bioderma Sebium Mat

source: http://marthatilaarshop.com/products/detail/biokos-pure-balance-hydro-gel-moisturizer

3. Gunakan Primer yang Tepat

Tahapan ini tidak boleh terlewatkan oleh pemilik kulit yang berminyak. Face primer mampu menyerap minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, membuat wajah jadi lebih matte, dan membuat foundation menjadi lebih tahan lama.

Produk face primer yang bisa digunakan diantaranya adalah:
1. Benefit The POREfessional
2. Rimmel Stay Matte Primer
3. Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser
4. NYX Shine Killer
5. Make Up For Ever All Mat

source: https://www.benefitcosmetics.com/us/en/product/porefessional-face-primer

Intinya, gunakan primer yang mampu mengecilkan pori-pori di wajah kita dan mampu memberikan hasil akhir yang matte. 

4. Jangan Salah Pilih Foundation

Pilih foundation yang berlabel oil-free dan mampu memberikan hasil akhir matte. Hindari penggunaan foundation dengan tekstur cream atau berbentuk stick karena keduanya terbuat dari bahan dasar yang banyak mengandung minyak yang tentunya hanya akan memperparah kondisi muka kamu. Gunakan foundation berbentuk bubuk karena tekstur bubuk dapat meredam minyak yang muncul sehingga foundation dapat menempel sempurna dan lebih tahan lama. Atau kamu juga bisa gunakan foundation berbentuk liquid karena foundation ini ringan dan cocok untuk segala jenis kulit.

source: https://diahcerita.blogspot.co.id/2015/12/review-mineral-botanica-loose-foundation.html

Powder foundation di Indonesia mungkin lebih sulit dicari daripada liquid foundation, kamu bisa mencoba Mineral Botanica Loose Foundation. Sedangkan liquid foundation yang bisa dicoba adalah Revlon Color Stay Foundation untuk Combination/Oily Skin.

5. Gunakan Eye Primer

Jika kamu menyukai gaya makeup yang memusatkan perhatian pada eye makeup, maka kamu juga perlu menggunakan eye primer sebagai base. Hal ini dikarenakan kulit pada area mata memiliki sifat yang lebih tipis dan sensitif dibandingkan kulit pada area wajah yang lain. Selain itu, eye primer juga berfungsi untuk mencegah daerah kelopak mata jadi berminyak dan membuat warna eyeshadow kamu lebih tahan lama dan pigmented.

source: http://wolipop.detik.com/read/2014/10/27/140531/2730713/1139/7/editors-choice-rekomendasi-6-produk-make-up-untuk-pemilik-kulit-berminyak

Namun sayangnya produk eye primer masih susah dijumpai di Indonesia. Salah satu eye primer yang bisa kamu coba adalah Urban Decay Eyeshadow Primer Potion. Produk ini bisa dibeli di beberapa online shop di Instagram.

6. Perhatikan Tekstur Bedak

Penggunaan bedak ini sangat penting karena bertujuan untuk setting makeup kita sehingga tidak perlu khawatir foundation luntur karena minyak. Gunakan loose powder karena bedak tabur dapat menyerap minyak dengan baik pada wajah sehingga wajah tak akan terlihat mengkilap. Hindari bedak padat karena dapat membuat wajahmu terlihat semakin berminyak nantinya.

source: http://harga-bedak.blogspot.co.id/2015/12/harga-bedak-revlon.html

Beberapa produk bedak tabur yang bisa dicoba antara lain:
1. Revlon Touch and Glow Loose Powder
2. Make Over Silky Smooth Translucent Powder
3. NYX Set It and Don't Fret It Matte Loose Powder

7. Pilih Powder Blush

Hindari penggunaan blush yang memiliki tekstur cream karena akan lebih mudah luntur terkena minyak wajahmu. Gunakan yang berbentuk tabur atau padat dengan menggunakan bantuan brush.

8. Jangan Lupa Bawa Face Paper

Walaupun sudah menggunakan primer, foundation, dll namun bukan berarti muka kita aman selama 24 jam. Wajahmu masih akan terus mengeluarkan minyak dan gunakan face paper untuk mengontrolnya terutama di bagian T-zone. Jadi jangan lupa untuk selalu menyimpan face paper pada makeup pouch-mu. 

Beberapa produk face paper yang dapat dibeli diantaranya adalah:
1. Clean & Clear Oil Control Film
2. Ovale Face Paper
3. Acnes Oil Control Film

source: http://luvi-love.blogspot.co.id/2015/12/face-paper-wajib-ada-dalam-tasku.html

Gunakan dengan cara menempuk-nepuk secara perlahan di bagian muka yang berminyak. Jangan menggunakannya dengan cara diusap karena dapat membuat makeup jadi luntur.

9. Selalu Sedia Tissue

Selain face paper, tissue juga merupakan barang yang wajib dibawa. Tissue akan berguna untuk membersihkan keringat dan kotoran yang tidak bisa diserap oleh face paper. Karena wajah yang berkeringat dan kotor akan menyebabkan minyak di wajahmu makin banyak.

10. Touch Up Tetap perlu

Touch up tetap perlu kamu lakukan sesudah penggunaan face paper. Cukup dengan menggunakan bedak tabur di bagian wajah kamu yang berminyak, dan wajah kamu akan tampak fresh kembali untuk beberapa jam ke depan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi wajah yang berminyak. Wajah yang berminyak tidak akan menjadi penghalang untuk kamu tampil sempurna. Selamat mencoba!