Untuk mengatasi hal tersebut kamu harus tahu cara mengaplikasikan makeup yang benar agar riasan tahan lama sekaligus membantu mengontrol timbulnya minyak berlebih pada wajah. Berikut trik jitu cara atasi makeup agar tidak luntur karena kulit wajah berminyak.

1. Makeup Primer untuk Riasan Awal

Bagi kulit wajah kamu yang tergolong berminyak, sebelum mulai mengaplikasikan makeup penuh, sebaiknya gunakan makeup primer agar riasan menjadi tahan lama. Fungsi makeup primer yaitu akan mempertahankan riasan kamu agar tidak mudah luntur sekaligus mampu mengontrol tone warna kulit wajah. Terlebih pada T-zone seperti hidung, dahi hingga dagu, makeup primer mampu membantu mengatasi minyak berlebih di area wajah tersebut. Hasilnya, wajah kamu terlihat bebas kilap. Gunakan makeup primer setelah wajah kamu dibersihkan dan sebelum menggunakan fondation. 

Cara mengaplikasikan makeup primer cukup mudah. Kamu bisa aplikasikan langsung ke kulit wajah dengan jari atau brush dan ratakan pada seluruh wajah. Gunakan primer secukupnya agar tidak terlalu menggumpal. Kamu bisa aplikasikan primer di kelopak mata agar eye makeup terlihat lebih pigmented.

2. Perhatikan Jenis Fondation Kamu

Untuk kulit wajah berminyak, penggunaan foundation harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Pilihlah foundation yang bertekstur powder dan tidak mengandung minyak. Powder foundation memang dirancang untuk kulit wajah yang berminyak agar mudah untuk menyerap keringat dan minyak berlebih. Kamu juga bisa mencoba foundation cair yang berlabel "oil free" atau "oil control". Tak hanya foundation, penting juga untuk memakai produk makeup lain seperti primer, powder, dan serum yang berlabel "oil free".

3. Wajah Tampak Fresh dengan Bedak Tabur

Karena kulit kamu sudah berminyak, hindari penggunaan bedak padat atau compact. Loose powder adalah yang paling cocok untuk kulit wajah berminyak. Bedak tabur akan lebih kuat menempel saat diaplikasikan pada kulit wajah berminyak. Selain itu, bedak tabur dapat membantu menyerap minyak, Pilih bedat tabur bertekstur ringan agar pori-pori kulit wajah tidak tersumbat sehingga tidak menimbulkan jerawat.

Pilihlah bedak sesuai warna kulit, umumnya setingkat lebih terang daripada warna kulit wajah kamu. Bubuhkan bedak beberapa menit setelah pemakaian primer atau fondation. Fokuskan pemakaian pada T-zone yang sering menghasilkan minyak berlebih. Untuk riasan lebih halus dan rata, kamu bisa gunakan brush. . 

4. Siapkan Selalu Kertas Minyak

Walaupun kamu sudah memakai makeup yang tahan terhadap kulit berminyak, bukan berarti minyak di wajah kamu benar-benar tersamarkan. Secara alami kulit wajah masih tetap mengeluarkan keringat dan minyak terlebih saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Untuk mengatasinya, bersihkan dengan mengunakan kertas minyak. Aplikasikan kertas minyak pada area wajah yang mulai berminyak dengan cara ditekan-tekan perlahan. Agar riasan tidak luntur, jangan menggosok kertas minyak ke wajah. 

5. Jangan Lupa Membersihkan Makeup dengan Menyeluruh

Setelah menggunakan makeup seharian, jangan lupa untuk membersihkan secara menyeluruh dengan produk cleanser yang tepat. Mencuci muka dengan baik dan benar dapat membantu mengurangi kelebihan minyak. Kamu juga bisa menggunakan es batu dengan cara mengoleskan ke bagian wajah yang berminyak. Sensai dingin pada es batu ternyata bisa menenangkan kelenjar miyak pada kulit wajah, mengendalikan produksi minyak berlebih, dan mengencangkan pori-pori kulit.