1. Scrub yang Tidak Sesuai dengan Jenis Kulit

Bila tidak sesuai dengan jenis kulit, scrub yang mahal sekalipun dapat merusak kesehatan kulit wajahmu. Oleh karena itu, penting untuk memilih scrub yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit kering kamu bisa menggunakan scrub mengandung gula dan madu. Untuk kulit berminyak pilih yang terdapat kandungan tea tree atau mint. Sedangkan scrub untuk mencegah tanda-tanda penuaan, gunakan produk yang mengandung bahan aktif dengan kandungan antioksidan seperti biji kopi atau cokelat.

source: http://www.beautyheaven.com.au/skin-care/face-scrubs-exfoliators-peels/29632-the-body-shop-vitamin-c-microdermabrasion

2. Butiran Scrub Terlalu Kasar

Butiran scrub yang kasar nyatanya membuat kulit terasa sakit dan iritasi. Saat membeli sebaiknya minta tester dan rasakan butiran scrub terlebih dahulu. Butiran scrub yang kasar dapat mengikis minya alami pada wajah sehingga membuat kulit kehilangan kelembapan alami. Hindari menggunakan scrub badan untuk wajah karena umumnya memiliki butiran yang lebih kasar. 
 

source: http://femaledaily.com/blog/2015/01/11/body-scrub-buatan-salon-istimewa/

3. Scrubbing Saat Berjerawat

Kulit berjerawat atau sensitif tidak dianjurkan melakukan perawatan yang melibatkan teknik scrubbing. Hal ini dapat membuat wajah semakin berjerawat karena resiko tersebarnya bakteri dari jerawat ke daerah wajah lainnya. Bila ingin melakukan eksfolasi kamu bisa menggunakan kain yang lembut dan dilakukan secara perlahan. 
 

source: http://www.detiksehat.com/2014/10/penyebab-dan-cara-merawat-kulit-wajah.html

4. Teknik Scrub yang Tidak Tepat

Masih banyak yang salah saat melakukan teknik scrubbing wajah. Gosokkan scrub pada wajah dan leher secara merata. Lakukan gerakan memutar dari bawah ke atas searah jarum jam. Gerakan tersebut dapat membuat wajah lebih kencang. Untuk daerah mata lakukan perlahan di daerah bawah mata untuk mengurangi garis halus dan keriput.
 

source: http://wolipop.detik.com/read/2013/10/04/083427/2377548/234/cara-iscrubi-wajah-yang-tepat-untuk-mencegah-iritasi-

5. Melakukan Scrub Setiap Hari

Pengikisan kulit mati tidak bisa dilakukan setiap hari. Efek samping yang bisa timbul yaitu membuat kulit iritasi, merah, dehidrasi, bersisik hingga hiperpigmentasi. Menurut Dr. David A. Colbert, seorang dermatologis di New York menyarankan sesuai jenis kulit sekitar dua atau tiga kali dalam seminggu. Untuk kulit kering bisa dilakukan maksimal 1-2 kali dalam seminggu. Sedangkan kulit berminyak bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.