Apa Itu Primer?

Bagi sebagian orang, primer mungkin masih terdengar asing. Primer adalah produk kosmetik yang dipakai sebelum kamu mengaplikasikan makeup. Primer berfungsi untuk menyeimbangkan warna kulit wajah, menyamarkan noda dan luka serta menutup pori-pori pada wajah sehingga memudahkan makeup menempel nantinya. Dengan memakai primer, makeup dapat bertahan lebih lama daripada biasanya. 

Memilih Jenis Primer

Seperti produk kecantikan lainnya, primer hadir dengan beragam kebutuhan untuk jenis kulit tertentu. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, sangat disarankan untuk memakai primer sebelum makeup. Selain itu, bagi pemilik kulit kering, tersedia juga primer yang dapat membantu melembapkan wajah. 

Ada primer yang dikhususkan untuk menyamarkan noda jerawat, meratakan warna kulit wajah dan ada juga primer yang khusus dipakai di daerah mata. Bentuknya dapat berupa gel dan ada juga yang berupa spray. Pilihlah sesuai dengan kebutuhanmu!

source: http://brand.yoka.com/cosmetics/makeupforever/detail482466.htm

Berikan Waktu untuk Primer

Saat menggunakan primer, jangan terburu-buru untuk melapisinya dengan produk lain. Biarkan primer mengering dan meresap ke kulit wajah setidaknya 5-10 menit. Bila kamu langsung melapisi primer dengan foundation atau produk kosmetik lainnya, maka primer tidak akan bekerja dengan maksimal. Jangan terlalu banyak mengoleskan primer, tipis-tipis saja agar tidak terlalu lama mengering. 

Cara Pakai

Primer dapat dioleskan menggunakan spons atau kuas. Akan tetapi, cara paling tepat menggunakannya adalah dengan jari. Karena primer harus dioleskan ke setiap lekukan wajah, maka menggunakan jari lebih mudah. 

source: http://makeupejabeauty.com/makeu-by-eja-beauty/326

Kandungan Primer

Primer biasanya mengandung silikon, karena bahan inilah yang membantu makeup menempel dengan mudah dan membuatnya tahan lama. Tapi tidak semua orang tahan dengan silikon, kulit yang sensitif biasanya dapat mengalami iritasi bila terkena silikon.

Tidak semua produk primer mengandung silikon. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif dan kombinasi, perhatikan baik-baik primer yang akan kamu beli. Pastikan tidak mengandug silikon.