source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/35009-tips-membeli-krim-pemutih-wajah-yang-aman.html
Minasan, saat ini banyak sekali produk-produk perawatan wajah yang beredar. Salah satu yang paling laris adalah krim pemutih wajah. Dalam memilih produk tersebut, kita harus pintar-pintar memilih krim yang aman bagi kulit. Jangan sampai karena tergiur harga murah dan hasil yang cepat, kita malah mengalami infeksi di wajah kita. Yuk, simak tips berikut agar tidak salah memilih produk yang tepat.
source:

1. Komposisi/Kandungan Bahan

Salah satu cara penting untuk mengetahui produk pemutih kulit yang aman adalah dengan melihat komposisi bahan dilabelnya. Pastikan dalam komposisi produk tersebut tak ada zat-zat berbahaya semacam mercury, hydroquinone, rhodamin b, dan asam retinoat.
source: http://en.paperblog.com/product-review-iwhite-korea-facial-cream-562891/
source: http://www.musingsofamuse.com/2012/09/ponds-luminous-clean-cream-cleanser-review.html
FDA (Food and Drug Administrasion), mengklaim bahwa zat hydroquinone yang digunakan secara berlebihan pada pemutih kulit wajah akan membahayakan konsumen. Oleh karena itu, penggunaan zat hydroquinone pada produk kosmetik termasuk perawatan cream pemutih kulit wajah dan badan tidak diperbolehkan di negara-negara Asia dan Eropa."
source: http://tips-cara.info/pemutih-kulit-wajah-badan-cream-bagus/
Bahan-bahan berbahaya tersebut seringkali ditambahkan pada produk pemutih seperti cream pemutih wajah maupun pemutih tubuh yang menjanjikan kulit putih secara instan. Efeknya memang bisa dikatakan hebat dan cepat sekali mencerahkan warna kulit, namun bahayanya tidak kalah hebat, semakin sering anda menggunakan produk pemutih kulit dengan kandungan bahan berbahaya, semakin tinggi pula resiko dan bahaya yang mungkin anda dapatkan, salah satunya adalah kanker kulit."
source: http://www.yukitabaca.com/2015/01/tips-memilih-produk-pemutih-kulit.html

2. Harga

Sebelum membeli, kita wajib mempertimbangkan harga produk tersebut, minasan. Terkadang, produk abal-abal (palsu) mematok harga yang sangat murah dengan iming-iming hasil yang cepat. Apalagi bila produk tersebut belum didaftarkan di BPOM. Sebaiknya kita jangan langsung tergiur dengan produk semacam itu. Kamu tidak ingin wajah jadi rusak gara-gara membeli produk palsu yang dijual murah?
source: https://beautyknot.wordpress.com/2009/01/13/olay-white-radiance-uv-whitening-cream-spf-19/
Kemarin dulu ada tetangga yang mukanya semacam terbakar, cek per cek ternyata salah kosmetik. Padahal mukanya sudah cantik n halus tapi masih mau pake pemutih wajah yang harganya murah di pasar. Sebenarnya cara paling aman memilih cream pemutih cukup cek di website BPOM, disitu sudah lengkap nama-nama cream yang sudah lolos verifikasi. Kalo ga ada disitu berarti illegal.."
source: http://forum.kompas.com/fashion-beauty/280453-pintar-memilih-cream-pemutih-wajah-yang-aman.html

3. Nomor Registrasi BPOM

Sebuah produk kecantikan seharusnya mempunyai ijin BPOM (Badan pengawas Obat dan Makanan). Bila produk tersebut mempunyai nomor registrasi BPOM, berarti produk tersebut aman dipakai.
source: http://rumah-cantik-alami.blogspot.com/2012/09/cek-no-registrasi-bpom-dalam-produk-anda.html
source: http://www.pusatkosmetik.com/garnier/garnier-sakura-white-pinkish-radiance-sleeping-essence-night-cream-garnier1002.html
Periksa pada bagian Standar Kesehatan, apakah cream yang anda pilih sudah lolos dan perizinan badan pom untuk dapat dipakai dimasyarakat. Namun hal ini juga perlu lebih waspada , apakah izin tersebut asli atau hanya rekayasa (palsu)."
source: http://forum.kompas.com/fashion-beauty/280453-pintar-memilih-cream-pemutih-wajah-yang-aman.html

URL:   http://www.pom.go.id/webreg/
Cara mengecek nomor registrasi BPOM gampang banget kok, minasan, klik tautan ini!

4. Kemasan

Banyak produk asli dengan harga mahal dijual di pasaran dengan harga yang jauh lebih murah. Jangan terkecoh minasan, karena bisa jadi produk itu palsu. Maka dari itu, kita harus pintar-pintar mencermati kemasan produk yang mau kita beli. Cara paling aman sih, pilih produk bermerek yang banyak dijual di supermarket atau counter-counter kecantikan resmi.
source: http://my-lovely-sister.blogspot.com/2013/10/review-white-beauty-night-cream.html
source: http://my-lovely-sister.blogspot.com/2013/10/review-white-beauty-night-cream.html

6. Testimoni Pembeli

Ini berlaku terutama untuk pembelian secara online. Sebaiknya kita mencari testimoni dari pembeli sebelumnya. Dari testimoni tersebut, kita dapat mengetahui efek dan hasil pemakaian produk itu. Biasanya, produk yang bagus dan populer punya banyak sekali testimoni dari pemakainya.
source: http://www.lidbeautymall.my/all-products/royal-white-extreme-nourishing-repair-cream.html

7. Perhatikan Aroma, Warna dan Teksturnya

Kita harus waspada bila mencium aroma wangi yang menyengat dari krim tersebut. Juga bila warna krim tidak tercampur rata, atau teksturnya yang lengket. Cara paling mudah adalah dengan mengaplikasikan krim tersebut pada kulit lengan sebelum dipakai di wajah. Kalau tak terjadi apa-apa, berarti produk tersebut aman digunakan.
source: http://conietta.blogspot.com/2014/09/review-garnier-sakura-white-seven-days.html
source: http://my-lovely-sister.blogspot.com/2013/10/review-white-beauty-night-cream.html

8. Sesuaikan Dengan Jenis Kulit

Hal ini tentunya penting, karena terkadang produk yang benar-benar bagus belum tentu cocok di kulit kita. Jadi, pilihlah produk yang memang sesuai dengan jenis kulit kita.
source: http://www.falcon18.com/Oriflame-Optimals-White-Oxygen-Boost-Night-Cream-Combination-Skin.htm?1038578/
source: http://www.falcon18.com/Oriflame-Optimals-White-Oxygen-Boost-Night-Cream-Oily-Skin.htm?1038579/
Sebelum memilih Pemutih Wajah, anda harus mengenali jenis kulit wajah anda, untuk tahu ini anda bisa ke dokter spesialis kulit untuk memilinta keterangan yang benar, jangan hanya menebak menebak saja. Tanpa memperhitunngkan kecocokan maka hal yang terjadi adalah Alergi dan Iritasi."
source: http://forum.kompas.com/fashion-beauty/280453-pintar-memilih-cream-pemutih-wajah-yang-aman.html

9. Terbuat dari Bahan Alami

Krim pemutih wajah yang baik bagi kulit adalah yang mengandung bahan alami dan sedikit bahan kimia. Karena itu, pilihlah krim yang mengandung bahan-bahan alami, misalnya ekstrak bengkoang, susu, pepaya, lemon dan sebagainya.
source: http://www.cellinereyes.com/2013/11/review-garnier-light-complete-multi.html
source: http://mustikaratu.com/product/catalogue/cream-malam-whitening_155/
Itulah 9 tips yang perlu diperhatikan dalam memilih krim wajah yang aman untuk kulit. Lebih baik memilih produk yang jelas mereknya dan terdaftar di BPOM walau agak mahal daripada membeli produk yang murah tapi belum tentu aman.