Protein memiliki nama lain yaitu protos dan ditemukan oleh Jakob Berzelius pada tahun 1838. Protein sendiri sering dikenal dengan istilah asam amino. Ada 2 jenis asam amino, yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial. Asam amino esensial adalah asam yang tidak dapat disintesis oleh tubuh. Asam ini diperoleh dari sumber makanan. Umumnya, unsur asam amino sendiri terdiri dari isolensin, valin, freonin, lisin, leusin, metionin, triptofan, fenilalanin.   

Sementara itu, asam amino non esensial adalah asam yang didapat atau diproduksi oleh tubuh seperti hidrogen, oksigen, serta karbon. Protein merupakan sekumpulan senyawa organik yang terdiri dari sulfur, hidrogen, nitrogen, oksigen, dan asam amino. 

source: http://sytropinbooster.com/amino-acids-best-foods-to-build-muscle

Fungsi utama dari protein adalah sebagai zat pembangun dalam tubuh. Protein dapat diperoleh dari hewani  dan nabati. Protein hewani terdapat pada daging merah, ayam tanpa kulit, telur, susu beserta olahannya, ikan laut, belalang, dan lainnya. Sedangkan protein nabati dapat ditemui pada sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Protein mempunyai khasiat yang sangat penting dalam tubuh. Berikut 5 khasiat dan fungsi utama protein.

1. Memperlancar Metabolisme dan Reaksi Biologi dalam Tubuh

Sebagai enzim, protein membantu mempercepat reaksi biologis dalam tubuh. Protein dalam hemoglobin akan membantu pembentukan sel darah merah dan mengangkut oksigen pada eritosit. Sementara, protein dalam mioglobin berfungsi mengangkut oksigen dalam otot. 

Di samping itu, protein merupakan asam penyeimbang asam basa dengan cairan tubuh sehingga menjaga stabilitas pH cairan dalam tubuh. Sebagai pengatur metabolisme tubuh, protein berarti ikut menjaga kinerja fungsi organ tubuh.

source: http://www.tahupedia.com/content/show/952/Mau-Hidup-Sehat-Dan-Berwarna-10-Cara-Ini-Adalah-Jawabannya

2. Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah membuat rentan terserang penyakit. Berkat protein yang memiliki peranan sebagai pembentuk imun atau kekebalan tubuh atau antibodi, tubuh akan terlindungi dengan baik. Saat terjadi, protein berfungsi sebagai penyembuh karena dapat membantu meregenerasi sel kulit baru. Begitu juga, kalau masuk zat asing ke dalam tubuh, protein akan bekerja menghancurkan dan menetralkan. 

3. Sumber Kekuatan

Setiap orang memiliki aktivitas yang cukup padat setiap hari sehingga dibutuhkan energi yang cukup. Jika tubuh kekurangan energi, badan akan menjadi lemas dan tidak berdaya. Selain sebagai pembentuk otot, protein dikenal sebagai penghasil tenaga yang utama. 

4. Membentuk dan Menjaga Sel

Protein adalah zat pembangun dan pemelihara sel-sel dalam tubuh. Selain itu, protein ikut berkontribusi dalam pembentukan janin pada ibu hamil. 
 

source: http://www.zwitsal.co.id/kehamilan/perkembangan-janin-minggu-1-40-bagian-1/

5. Menjaga Kesehatan dan Keindahan Anggota Tubuh

Selain memelihara sel-sel, protein akan menunjang peningkatan kesehatan kulit, otot, dan rambut. Protein juga mampu menstabilkan kandungan kolesterol dalam tubuh yang didapat dari makanan sehingga menjaga kesehatan jantung.

Bagaimana Jika Tubuh Kekurangan Protein?

Jika tubuh kekurangan protein akan menimbulkan beberapa masalah di antaranya sakit kwashiorkor, mudah terserang penyakit, kerusakan liver, tubuh terasa lemas, otak kurang fokus, selalu ingin mengonsumsi makanan manis, kekurangan cairan, gangguan pertumbuhan pada anak-anak serta pencernaan menjadi tidak lancar. 

Selain menghambat kesehatan, kekurangan protein juga berdampak pada kecantikan yaitu terjadi kerusakan kulit, warna kulit tidak merata, atau sering disebut albino. Protein yang minim akan menyebabkan rambut rontok dan lama-kelamaan akan menimbulkan kebotakan. 

Betapa penting khasiat protein yang dibutuhkan tubuh. Mulailah perhatikan apa yang dimakan dan terapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang. Selain mendapatkan protein dari hewan dan tumbuhan, kamu juga dapat mengkonsumsi suplemen seperti minuman whey protein. 

source: https://healthy.co.id/products/bsn-syntha-6-isolate-vanilla-81kg-4lbs