Simpan Jam Tangan di Tempat Kering

Simpanlah di tempat yang kering dengan suhu normal. Jika kamu menyimpan jam tangan di tempat yang tidak sesuai akan mengurangi umur jam tanganmu. Apalagi kalau kamu meletakkannya di tempat yang memiliki suhu ekstrem terlalu panas, atau terlalu dingin yang tanpa kamu sadari suhu tersebut akan mempengaruhi kondisi jam tangan milikmu. Sebaiknya kamu menyimpan jam tanganmu di dalam kotak khusus jam tangan agar lebih aman dan terjaga.

Bersihkan Ring Jam Tangan Secara Rutin

Jam tangan juga perlu untuk dibersihkan secara rutin jika kamu mau kualitas jam tangan kamu tetap terjaga. Membersihkan jam tangan juga tidak sesulit yang dibayangkan. Siapkan tisu yang dibasahi sedikit dengan air. Gunakan baby wipes, untuk menghilangkan bekas keringat yang menempel pada jam tangan kamu, lalu bersihkan kembali menggunakan tisu kering dan diamkan beberapa saat. Hindari mengeringkan dengan dryer, karena angin panas yang keluar akan mempengaruhi komponen dalam jam tanganmu.

Bersihkan Tali Jam Tangan

Bersihkan tali jam berdasarkan material yang digunakan.

  • Kulit --> Gunakan lap kain setengah basah dan usaplah secara perlahan (tanpa menggosok), kemudian keringkan dengan lap kering. Rutinlah membersihkan bagian tali, karena bagian ini seringkali terkena keringat.
  • Karet atau plastik --> Gunakan sabun dan sikat kecil untuk menghilangkan kotoran di sela-sela lubang tali.
  • Kain/kanvas --> Gunakan sabun dan sikat gigi dan seraplah dengan kertas koran. Setelah itu keringkan dengan cara diangin-anginkan.
  • Stainless --> Boleh dengan cara menyikat, supaya kotoran dapat keluar dari lubang tali. Keringkan dengan cara diangin-anginkan.



 
 

Jauhkan Jam Tangan dari Magnet

Jika tanpa sengaja kamu sering meletakkan arlojimu di dekat barang-barang elektronik seperti televisi, lemari es, kipas angin, dan microwave sebaiknya mulai jauhkan dari barang-barang tersebut. Jam tangan yang diletakkan berdekatan dengan barang yang memiliki gelombang elektromagnetik dapat mempengaruhi perputaran jam tangan sehingga membuat jam tanganmu tidak menunjukkan waktu yang tepat.

Pakailah Jam Tangan Sesuai Kegiatan

Karena jam tangan merupakan salah satu aksesoris fashion, memang sebaiknya digunakan sesuai dengan kegiatan yang sedang kamu lakukan. Hindari menggunakan jam tangan berbahan stainless ketika kamu sedang berolahraga karena selain keringat yang bisa menimbulkan karat, hal ini juga untuk melindungi jam tanganmu dari benturan yang bisa meninggalkan bekas lecet. Kamu bisa memilih jam tangan berbahan karet yang lebih cocok dan sesuai. Selain itu, bahan karet juga lebih awet dan tahan dari keringat atau benturan.