Beberapa wanita menganggap membersihkan wajah dengan teknik double cleansing dianggap paling efektif, terutama untuk kamu yang memakai makeup hampir setiap hari. Yaitu dengan membersihkan sisa makeup yang menempel, debu, kotoran, sebum, dan sisa produk SPF yang menempel pada wajah dengan produk bertekstur minyak lebih dulu. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan sabun pencuci muka, diikuti dengan memakai toner untuk melembapkan wajah, dan mengembalikan pH kulit. 

source: http://www.garnierusa.com/articles-tips/skincare/cleansing/micelles-the-newest-way-to-cleanse-your-skin.aspx

Jika teknik double cleansing mengharuskanmu untuk menggunakan beberapa jenis produk hingga kondisi kulit wajah optimal, hadirnya micellar water akan mampu menghemat waktu dan jumlah produk yang kamu gunakan. Karena micellar water diklaim mampu melakukan seluruh langkah di atas hanya dengan 1 produk. 

Apa Itu Micellar Water?

Produk ini mengandung misel, yaitu molekul-molekul minyak berukuran kecil yang tersimpan di dalam air. Konsep ini sebenarnya bukanlah konsep baru dan bekerja mirip seperti sabun dan deterjen. Karena air saja tidak cukup untuk mengangkat kotoran dan minyak pada wajah. Misel yang mengandung air sekaligus minyak inilah yang mampu mengangkat kotoran, debu, dan sisa makeup yang menempel pada wajah tanpa perlu dibilas.

source: https://thesuperficialsciences.wordpress.com/2013/03/20/micellar-water-how-does-it-work/

Formula micellar water juga terbuat dari senyawa alami sehingga mampu membersihkan makeup waterproof tanpa menyebabkan iritasi. Kandungan air yang terdapat di dalamnya juga mampu mencegah agar kulit tidak kering saat dibersihkan. Kulit akan terasa lebih lembut dan lembap setelah penggunaan.

Bagaimana Cara Memakainya?

Gunakan micellar water di pagi dan siang hari. Tuangkan micellar water hingga membasahi seluruh kapas, kemudian usapkan pada seluruh wajah hingga bersih. Untuk hasil optimal, gunakan kapas berbentuk bundar dengan permukaan yang bertekstur. 

source: https://tinybeautyblog.wordpress.com/

Jika kapas sudah kotor, ganti kapasmu dengan yang baru hingga kapas terlihat bersih. 

source: http://www.ziba-blog.com/2014/02/04/3-different-micellar-water-products-a-blind-test/

Setelah membersihkan wajah dengan micellar water, lanjutkan dengan penggunaan serum atau essence agar proses penyerapan produk skincare berikutnya makin efektif. Karena tak perlu dibilas, micellar water merupakan produk yang cocok untuk kamu yang ingin serba praktis!

Rekomendasi Micellar Water

Pada umumnya micellar water free dari kandungan alkohol dan pewangi karena dirancang khusus untuk kulit sensitif. Namun kamu tetap perlu memperhatikan kandungan lainnya yang dapat menyebabkan alergi. Berikut ini beberapa rekomendasi micellar water yang cukup populer:
  • Bioderma Sensibio H2O

Bioderma merupakan brand pertama yang kembali mengangkat tren micellar water dan telah memiliki berbagai macam varian. Salah satu yang paling terkenal adalah Sensibio yang dirancang khusus untuk jenis kulit sensitif. Selain itu, kamu juga dapat mencoba seri lainnya seperti Hydrabio untuk jenis kulit kering dan Sebium untuk jenis kulit berminyak. 

source: http://www.bioderma.com/en/our-products/sensibio/h2o
  • Maybelline Clean Express Miracle Water
Sesuai namanya, produk ini cocok untuk kamu yang butuh membersihkan wajah dari makeup dalam waktu singkat. Dengan 4-5 usapan, sisa makeup pada wajah akan terangkat sempurna termasuk yang waterproof sekalipun.
source: http://www.juzdeals.com/id/d/39340/maybelline-remover-clean-express.html
  • Eau Thermale Avene
Avene tidak menggunakan air biasa, melainkan thermal water yang diambil langsung dari sumbernya yang terasa dingin dan nyaman di kulit. Para wanita yang telah mencobanya mengaku formulanya terasa lembut di kulit dan cocok untuk semua jenis kulit.
source: http://www.boots.com/en/Eau-Thermale-Avene-Micellar-Lotion-Cleanser-and-Make-up-Remover-200ml_1261953/