1. Tentukan Gradasi Warna yang Sesuai

Coba gunakan lipstick hanya pada bagian bibir bawah kemudian cocokkan dengan warna asli bibir bagian atas. Jika gradasi warna yang diciptakan terlalu jauh maka sudah saatnya kamu memilih warna yang lain. Warna lipstick yang terbaik adalah yang memiliki 1-2 tingkat warna yang lebih gelap dari warna asli bibirmu.

source: http://raficha.tumblr.com/post/5311160497/upper-and-lower-lip-in-different-colors-yes

2. Sesuaikan dengan Warna Kulit

Beda warna kulit maka berbeda pula warna lipstick yang digunakan. Salah memilih warna lipstick akan membuat penampilan kita menjadi tidak sempurna. Beruntunglah bagi yang memiliki warna kulit putih karena kulit putih cenderung cocok dengan segala warna lipstick. Lalu bagaimana dengan warna kulit yang lain? Yuk, coba lihat tabel warna lipstick di bawah ini.

Pada intinya warna kulit apapun tetap memiliki kesempatan yang sama untuk menggunakan warna lipstick dengan warna dasar pink, merah, atau bahkan cokelat. Hanya saja semakin gelap warna kulit kamu maka semakin gelap pula warna lipstick yang sesuai.

3. Sesuaikan dengan Tampilan yang Ingin Ditunjukkan

Setiap warna dasar lipstick memiliki kesan yang berbeda-beda. Kamu bisa menggunakan warna nude jika ingin menonjolkan riasan pada bagian mata. Misalnya warna merah untuk memberikan efek dramatis, namun hindari penggunaan motif baju atau hijab yang berlebihan saat menggunakan warna ini. Warna pink cocok untuk memberikan kesan fleksibel dan pas untuk penggunaan sehari-hari. Warna berry atau gelap bisa mengimbangi tampilanmu jika menggunakan pakaian yang memiliki motif atau warna mencolok.

source: https://haliskingdom.com/2016/05/01/5-easy-ways-to-wear-berry-lipstick/

Nah, itulah panduan dasar untuk menentukan warna lipstick yang terbaik untuk kamu. Biasakan mencoba terlebih dahulu lipstick yang akan dibeli dengan cara mengoleskannya pada bagian ujung jari. Jangan sampai salah pilih, ya.