1. Pastikan Wajahmu dalam Keadaan Bersih

Sebagus apapun produk kosmetik yang akan kamu pakai, tidak akan menempel sempurna di wajahmu jika belum dibersihkan. Beragam cara membersihkan muka bisa kamu praktikkan, mulai dari menggunakan milk cleanser dan face tonic, hingga menggunakan facial foam. Membersihkan wajah secara rutin, minimal dua kali dalam sehari, bisa menghindarkanmu dari munculnya komedo dan jerawat. Membersihkan wajah juga bisa menyingkirkan sisa makeup di wajahmu. Wajah yang bersih membuat makeup menempel dengan sempurna pada wajahmu. 

Sangat wajib bagimu untuk membersihkan wajah sebelum makeup. Bila sebelumnya kamu sudah mencuci dengan sabun muka, kamu cukup bilas dengan air bersih saja. Air setidaknya dapat melunturkan minyak dan kotoran yang sudah bercampur pada wajahmu. Apabila kotoran ini tidak dibersihkan, riasan wajahmu nggak bakal bisa maksimal, bahkan bisa menyebabkan timbulnya masalah jerawat.
source: http://www.ledisia.com/perawatan-wajah/8-tips-make-bagi-kamu-yang-memiliki-wajah-berminyak/

2. Gunakan Primer Agar Makeup Lebih Tahan Lama

Makeup primer bisa menjadi salah satu solusi agar kamu mempunyai makeup yang menawan. Makeup primer tak hanya mempertahankan makeup di wajah berminyak, tapi juga bisa menyamarkan pori-pori kamu, lho. Make-up primer lokal yang cukup menarik untuk dimiliki adalah Make Over Hydration Serum & Corrective Base Make Up.

Make Over Hydration Serum bertugas untuk mempersiapkan kulit dan mencerahkan dengan cepat. Serum ini punya efek mengencangkan, sehingga pori-pori besarmu bisa tersamarkan. Sedangkan Corrective Base Make Up bertugas memberikan efek koreksi warna pada wajah, sehingga rona kulit wajahmu terlihat lebih sempurna. Ada dua pilihan Corrective Base Make Up, yaitu yang warna kehijauan dan warna cyanite. Warna kehijauan bisa kamu gunakan untuk menutupi kemerahan pada wajahmu, sedangkan cyanite bisa membuat kulitmu terlihat tidak kusam. Kamu sebaiknya menggunakan dua primer ini secara bersamaan supaya hasil yang kamu dapatkan lebih maksimal.

Untuk area-area berminyak seperti daerah T, dahi, hidung, serta dagu gunakan makeup primer anti kilap dan bebas minyak, setelah sebelumnya wajah dibersihkan, sebelum penggunaan alas bedak, bedak, dan makeup lainnya.
source: http://caramenghilangkanjerawatalananospray.blogspot.com/2014/10/tips-make-up-untuk-kulit-berminyak-agar-tahan-lama.html

3. Gunakan Foundation yang Tepat

Untuk kulit wajah yang berminyak, sebaiknya hindari foundation yang berbahan dasar minyak atau yang sering disebut dengan oil-base foundation. Foundation jenis ini cenderung menyumbat pori - pori wajahmu, sehingga bisa memperbesar resiko terjadinya jerawat. Untuk mendapatkan riasan yang flawless, gunakan foundation cair atau foundation yang berbentuk powder (bubuk).

Foundation cair sangat ringan untuk wajah, sehingga cocok untuk diaplikasikan ke kulit yang berminyak. Namun, biasanya foundation cair tidak bertahan lama seperti foundation yang berbentuk cream atau stick. Pilihan yang kedua adalah foundation dengan bentuk powder atau bubuk. Powder foundation cocok untuk kulit berminyak karena teksturnya yang halus dan bisa menempel lebih sempurna pada kulit wajah yang berminyak.

Sekarang ini kamu sudah bisa menemukan banyak sekali foundation yang dirancang khusus untuk kulit berminyak, baik dalam bentuk liquid maupun powder. Bila kamu suka memakai foundation cair, pakailah yang berlabel “oil free” atau “oil control”.
source: http://www.ledisia.com/perawatan-wajah/8-tips-make-bagi-kamu-yang-memiliki-wajah-berminyak/

4. Pilih Bedak Tabur

Menggunakan bedak adalah salah satu cara ampuh untuk membuat wajahmu terlihat matte. Pastikan kamu menggunakan bedak tabur karena teksturnya sangat ringan untuk kulit yang berminyak. Meskipun coverage-nya kurang sempurna, namun bedak tabur bisa menempel lebih lama di kulit yang berminyak tanpa terlihat cakey. Hindari menggunakan bedak two way cake karena umumnya mengandung foundation dan dapat menyumbat pori-porimu. 
Bedak tabur sangat dianjurkan bagi wajah berminyak. Alasannya karena bedak tabur dapat menyerap minyak dengan baik pada wajah sehingga wajah tak akan terlihat mengkilap. Sedangkan bedak padat mengandung minyak yang justru bisa membuat wajahmu makin belepotan.
source: http://www.ledisia.com/perawatan-wajah/8-tips-make-bagi-kamu-yang-memiliki-wajah-berminyak/

5. Pilih Blush Bertekstur Powder

Blush tidak boleh ketinggalan, karena item yang satu ini bisa memberikan efek rona merah yang tampak fresh di wajah kamu. Kamu pun tak akan terlihat kusam. Untuk kulit wajah yang berminyak, sebaiknya pilih blush bertekstur powder karena tidak membuat pori-pori tersumbat. Sedangkan blush yang berbentuk cream atau cair dikhawatirkan dapat menyebabkan kulit menjadi lebih mudah berminyak.

Blush on bubuk sangat tahan lama dan paling cocok untuk tipe kulit berminyak. Blush on dengan tekstur seperti ini memberikan hasil yang lebih alami. Aplikasikan blush on bubuk berwarna setingkat lebih terang dari kulit wajah dengan menggunakan kuas khusus agar wajah terlihat lebih segar. Perona pipi dengan bubuk ini tidak cocok untuk kulit kering karena justru akan membuat wajah makin kering dan terlihat “retak”.
source: http://breaktime.co.id/fashion/beauty/blush-rahasia-wajah-segar-merona.html