1. Cuci dengan Air Dingin

Rendam kuas ke dalam air. Kotoran yang terdapat pada kuas akan luruh ke dalam air. Bersihkan secara perlahan agar bulu kuas tidak rusak. Hindari penggunaan air panas karena suhunya juga bisa merusak lem yang merekat di gagang kuas. 
 

source: http://www.facetofeet.com/makeup/622/5-hal-penting-mengenai-kuas-makeup-yang-harus-kamu-pahami

2. Menggunakan Shampo Bayi

Gunakan shampoo bayi untuk menghilangkan sisa makeup yang masih menempel. Diamkan sesaat kemudian bersihkan kuas secara perlahan. Tekan-tekan sedikit agar busa keluar. Hati-hati bila terlalu keras bulu kuas mudah rontok dan bengkok. 
 

source: https://blog.tokopedia.com/2015/01/rajin-bersihkan-kuas-make-up-yuk/

3. Bilas Kembali dengan Air Bersih

Setelah dibersihkan dengan sabun dan kuas terlihat bersih, bilas dengan air dingin. Bilas hingga kuas tidak berbusa. Agar bulu kuas lebih halus dan lembut kamu bisa menggunakan kondisioner rambut. Diamkan sebentar kemudian bilas lagi dengan air hingga bersih.
 

source: http://breaktime.co.id/fashion/beauty/bersihkan-kuas-make-up-itu-wajib.html

4. Keringkan Kuas

Keringkan kuas menggunakan tisu atau handuk tebal. Peras hingga air keluar dan tidak tersisa. Kemudian keringkan kuas dengan meletakkannya dalam posisi tidur di atas handuk kering. Untuk kuas yang bentuknya lebih besar memang membutuhkan waktu pengeringan sedikit lebih lama dari kuas lainnya.  
 

source: http://breaktime.co.id/fashion/beauty/bersihkan-kuas-make-up-itu-wajib.html

5. Simpan di Tempat yang Bersih

Pastikan kuas makeup benar-benar kering sebelum disimpan. Karena jamur mudah tumbuh di tempat yang lembab. Simpan juga kuas di tempat yang bersih agar bisa digunakan kembali. Bersihkan kuas makeup seminggu sekali bila memang sering digunakan. Namun, bila kuas sudah menunjukkan tanda-tanda seperti berbau dan tidak nyaman sebaiknya segera bersihkan kuas. 
 

source: https://rooang.com/2016/05/penataan-makeup-yang-rapi-dan-cantik-begini-caranya/