Cuci Bersih Wajah Kamu

Jika kulit kamu berminyak, maka kotoran akan mudah sekali menempel di wajah. Oleh karena itu, cuci terlebih dahulu wajah kamu dengan sabun muka. Selain membersihkan wajah dari kotoran, mencuci wajah juga dapat meluruhkan minyak dari wajah kamu. Selain wajah menjadi lebih bersih dan lembap, tentunya riasan juga akan lebih maksimal.

source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2529535/wajib-coba-teknik-cuci-muka-yang-bikin-wajah-kinclong-bercahaya

Mengompres dengan Es Batu

Mengompres wajah dengan es batu dapat mengendalikan produksi minyak untuk sementara waktu. Dingin dari es batu akan menyegarkan wajah kamu sekaligus menenangkan kelenjar minyak. Manfaat lainnya, tentu saja makeup juga bisa bertahan lebih lama.

source: http://tipskesehatandankecantikanku.blogspot.co.id/2014/08/manfaat-es-batu-untuk-kecantikan-wajah.html

Gunakan Primer

Gunakan primer anti kilap dan bebas minyak pada area T (dahi, hidung, dagu). Primer banyak sekali manfaatnya, antara lain dapat menyerap minyak, mengecilkan pori-pori, wajah menjadi lebih matte, dan foundation lebih tahan lama menempel di muka kamu.

source: http://eleven.se/nyx-studio-perfect-photo-loving-primer-14871.html

Gunakan Powder Foundation

Sebenarnya, kamu bisa memilih foundation dalam bentuk liquid asalkan foundation tersebut berlabel oil free atau oil control. Akan tetapi, jika kulit wajah kamu sangat berminyak disarankan untuk memakai foundation dalam bentuk powder yang saat ini mudah kamu jumpai.
source: http://www.ledisia.com/perawatan-wajah/8-tips-make-bagi-kamu-yang-memiliki-wajah-berminyak/

Gunakan Bedak Tabur

Untuk bedak, sebaiknya pilih bedak tabur yang dapat menyerap minyak dengan baik. Tunggulah 5-10 menit setelah memakai foundation, baru kemudian aplikasikan bedak tabur pada area yang berminyak saja. Gunakan bedak secukupnya, karena terlalu banyak bedak justru merangsang pori-pori pada kulit wajah untuk memproduksi minyak lebih banyak. Pilih jenis bedak yang memiliki formula matte translucent.

source: http://kosmetikcosmeticonline.com/bedak-wajah-bedak-yang-bagus/

Sedia Kertas Minyak

Meskipun kamu sudah melakukan makeup yang sempurna untuk kulit berminyak, tetap sediakan selalu kertas minyak di tas kamu saat bepergian. Kertas minyak ini berguna untuk menyerap minyak yang mulai muncul di wajah kamu setelah beraktivitas. Jangan digosok, namun cukup tekan-tekan saja perlahan.

source: http://www.hipwee.com/tips/gak-punya-banyak-waktu-dandan-sibuk-sama-aktivitas-segudang-ada-7-tips-makeup-ini-nih-buat-kamu/

Rekomendasi Produk

Untuk kulit kamu yang berminyak, kamu bisa menggunakan Zoya Loose Powder. Bedak tabur dari Zoya terdiri dari 3 varian, yaitu blossom, translucent dan sand. Zoya Loose Powder bisa kamu beli di tokopedia dengan harga Rp29.700
source: https://www.tokopedia.com/various-shop/zoya-kosmetik-loose-powder

Nah, mudah bukan cara ber-makeup untuk wajah berminyak? Satu hal yang pasti, selalu beli dan gunakan makeup yang berlabel oil free, non-comedogenic, waterproof, dan long lasting.