Penyebab Kulit Berminyak

Apa sebenarnya yang menyebabkan kulit berminyak? Setiap manusia memiliki beragam kelenjar pada kulitnya, salah satunya kelenjar sebasea yang berfungsi untuk memproduksi minyak untuk kesehatan kulit. Namun, ada kalanya kelenjar ini memproduksi minyak secara berlebih sehingga menyebabkan kulit berminyak, selain itu debu dan polusi juga akan mendukung hal ini.

Agar produksi minyak tidak berlebih sebaiknya kamu biasakan untuk mencuci muka dengan bersih di pagi dan malam hari sebelum tidur, juga gunakan masker yang mengandung kaolin atau bentonite clay minimal 2 minggu sekali.
 

Tips Makeup Tahan Lama untuk Kulit Berminyak

Pastikan kamu mencuci wajah dan leher kamu sebelum menggunakan makeup, kamu bisa menggunakan sabun pencuci muka yang mengandung glycolic acid atau salicylic acid. Jangan lupa juga cuci tangan dengan bersih dan pastikan alat makeup yang digunakan juga steril dari debu. 
 

Gunakan makeup primer sebelum kamu menggunakan foundation atau yang lainnya terutama pada area T agar makeup melekat dengan baik dan tidak mudah luntur. Pastikan produk makeup yang kamu gunakan tidak mengandung minyak atau berlabel oil free atau oil control.

Setelah menggunakan primer, foundation, BB cream atau yang lainnya yang tentunya berlabel oil free, gunakan bedak yang berjenis tabur. Kenapa harus bedak tabur? Karena bedak tabur ini mampu menyerap minyak dengan baik sehingga wajah tidak tampak mengkilap.

Gunakan juga makeup yang memiliki daya tahan yang baik yang berlabel water proof atau longlasting untuk menjaga penampilan agar kamu bisa tetap beraktivitas dengan baik dan percaya diri tentunya.

Untuk menjaga kamu tetap cantik, segar, dan terhindar dari kilap pastikan kamu selalu membawa kertas minyak kemanapun kamu pergi karena kulit atau wajahmu akan terus memproduksi minyak dalam jumlah yang tentunya tidak bisa kita ketahui. Cukup tempelkan dan tekan dengan perlahan pada area wajah yang mulai berminyak agar penampilan kamu tetap terjaga dan makeup kamu tidak luntur tentunya.

Tips Merawat Kulit Berminyak

Selain menggunakan perawatan atau produk yang memang dianjurkan untuk pemilik jenis kulit berminyak, kamu bisa merawat kulit kamu menggunakan beberapa bahan alami seperti lemon.
Lemon yang kaya akan Vit C dan AHA bermanfaat untuk mencerahkan wajah, mengurangi minyak, dan membantu pengelupasan sel kulit mati. Selain lemon kamu bisa menggunakan es batu, pastikan es yang akan digunakan terbuat dari air yang bersih. Sensasi dingin yang dihasilkan dari es ini mampu menyegarkan dan menenangkan kelenjar sebasea sehingga produksi minyak tidak berlebihan.
Selamat mencoba.