Tata cara pengaplikasian makeup mungkin sudah banyak diketahui oleh sebagian besar wanita. Namun jika berbicara mengenai jenis kulit, ada beberapa tips dan trik tertentu yang dapat membantu membuat tampilan lebih maksimal. Berikut ada beberapa tips makeup dari Romy Soleimani, Beauty Director untuk Beauty.com, yang bisa diaplikasikan untuk pemilik wajah dengan jenis kulit berminyak.
source: http://weheartit.com/entry/146099537/search?context_type=search&context_user=Majadrew&query=putting+makeup+on

Awali dengan Penggunaan Toner

Skin prep merupakan salah satu langkah penting untuk pemilik kulit berminyak, dan pilihan toner yang tepat dapat membantu menyembangkan kadar minyak pada kulit. Toner membantu melembapkan kulit tanpa meninggalkan rasa berminyak pada kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk gunakan toner sebelum penggunaan makeup.

Clinique Clarifying Lotion 4
The Body Shop Tea Tree Facial Toner

Hindari Penggunaan Produk yang Terlalu Banyak

Salah satu trik untuk mengatasi kulit yang berminyak adalah dengan mengurangi variasi produk yang diaplikasikan pada wajah. Misalnya, gunakan foundation yang sudah mengandung SPF di dalamnya sehingga kamu bisa meminimalkan penumpukan produk pada kulit wajah.

bareMinerals Matte Foundation Broad Spetrum SPF 15
MAC Studio Fix Fluid SPF 15

Selalu Sedia Bedak untuk Touch Up

Bedak menjadi salah satu item yang wajib dibawa untuk pemilik kulit berminyak. Namun, sebelum melakukan touch up sebaiknya gunakan face paper terlebih dahulu untuk menyerap minyak berlebih pada wajah. Pilihan bedak juga perlu diperhatikan, produk dengan mineral-based sangat disarankan untuk kulit berminyak. Selain mencegah tampilan cakey pada wajah, mineral powder dapat membantu menyerap minyak berlebih sehingga tampilan wajah bebas kilap.

Origins Silk Screen Refining Powder Makeup
NYX Mineral Finishing Powder

Jangan Lupakan Primer

Penggunaan matte primer sebelum makeup dapat membantu menyerap minyak berlebih sepanjang hari, serta membuat tampilan wajah bebas dari kilau yang tak diinginkan. Pastikan untuk menggunakan primer pada seluruh bagian wajah yang akan diaplikasikan produk makeup, termasuk kelopak mata.

Smashbox Photo Finish Foundation Primer
Rimmel London Stay Matte Primer

Pilih Matte Blush

Makeup dengan shiny look mungkin menjadi hal yang sebaiknya dihindari oleh pemilik wajah berminyak. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa bermain warna pada tampilan makep. Matte blush menjadi produk yang disaranakan untuk kulit berminyak karena dapat menyatu dengan mudah pada foundation atau bedak, sehingga menciptakan matte finish yang cantik.

NYX Powder Blush
Make Up For Ever Sculpting Blush

Semoga tips-tips di atas dapat membantu!