Melupakan Pelembap dan Produk Skincare

Siapa bilang kulit berminyak tidak perlu pelembap? Hilangnya kelembapan kulit dapat mendorong kulit untuk memproduksi sebum tambahan, yang berakhir dengan produksi minyak berlebih.

Untuk mengakalinya, gunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pilih produk berbahan dasar air (water-based) dan pelembap bertekstur gel.

source: http://www.thefitindian.com/top-9-basic-skin-care-tips-for-oily-skin-in-summer/

Menggunakan Banyak Produk Riasan

Sejujurnya, cara paling jitu agar makeup kamu tidak luntur adalah dengan tidak menggunakan terlalu banyak produk makeup. Coba pikirkan lagi. Apakah kamu benar-benar perlu memakai makeup lengkap dari foundation, undereye concealer, spot concealer, hingga powder? Atau sebenarnya kamu hanya butuh sedikit concealer dan powder untuk menyamarkan noda-noda di wajah?
 

Tidak Menggunakan Produk Khusus untuk Kulit Berminyak

Jika kamu memang harus memakai makeup lengkap, pastikan semua makeup yang kamu pakai memiliki oil-control yang baik. Karena tidak semua produk disesuaikan untuk kulit berminyak, sebaiknya kamu rajin-rajin mencari referensi dulu.

source: http://www.ebay.com/gds/5-Fab-Foundations-for-Oily-Skin-/10000000211422854/g.html?roken2=ti.pVGVyaSBDb3Nlbnpp

Tidak Menggunakan Primer

Kategori primer sering kali terkesan abu-abu: punya boleh, tapi kalau tidak punya pun tidak masalah. Padahal jika kulitmu berminyak, primer dapat memberikan perbedaan yang signifikan, lho. Selain membuat riasan tahan lama, mattifying primer dapat membantu menahan produksi minyak berlebih pada wajah.

Tidak Menggunakan Produk Makeup Berbentuk Powder

Kalau kulitmu berminyak, sebaiknya kamu 'berteman' dengan produk-produk bertekstur powder. Secara alami, produk berbentuk powder memiliki kandungan air dan minyak yang lebih sedikit dibanding produk berbentuk liquid atau cream. Coba bereksperimen dengan powder foundation atau powder blush. Kalau tetap ingin menggunakan produk bertekstur cream, jangan lupa untuk di-set dengan powder, ya.

 

Tidak Membawa Peralatan untuk Touch Up

Kalau kulit wajahmu berminyak, peralatan untuk touch up harus selalu tersedia di dalam tas. Dua produk yang dapat menjadi andalanmu adalah kertas minyak atau blotting paper dan blotting film, serta compact powder. Sebaiknya untuk touch up kamu memilih mattifying powder atau translucent powder, karena aplikasi powder foundation atau two way cake secara berlapis-lapis dapat membuat riasanmu terlihat tebal.

Jangan langsung mengaplikasikan bedak pada kulit berminyak, karena selain kurang higienis, bedak dapat menggumpal dan terlihat cakey. Sebaiknya gunakan blotting paper atau blotting film terlebih dahulu, lalu sapukan bedak tipis-tipis. 

source: http://www.thefrisky.com/2013-04-16/makeup-bag-the-best-of-blotting-papers-for-summertime-skin/
source: http://www.fasttw.com/top-5-makeup-mattifying-powders.html