Jenis-Jenis Highlighter

Teknik strobing dapat dilakukan dengan beberapa macam produk, sering kali disebut sebagai highlighter, illuminator, luminiziner, dan sebagainya. Untuk memudahkan, artikel ini akan menggunakan istilah highlighter saja, ya.

Sebelum strobing, sebaiknya kamu kenali dulu beberapa jenis highlighter yang ada di pasaran. Kamu juga dapat menggunakan concealer yang lebih terang dari warna kulitmu untuk strobing.

 


 

Strobing di Bagian Mana, ya?

Secara umum, teknik strobing diaplikasikan pada dahi, tulang pipi, tulang hidung, cupid's bow, dan dagu. Tapi kamu bebas bereksperimen, kok. Misalnya jika kamu merasa bagian dahi sudah cukup glowy dan takut kelihatan berminyak, skip saja area tersebut.

 

source: https://www.jeancoutu.com/en/beauty/beauty-tips/strobing-makeup/

Strobing untuk Kulit Kering

Kalau jenis kulitmu berminyak, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bedak atau powder, kan? Jenis kulit berminyak memang lebih baik menggunakan produk berbentuk powder karena lebih tahan lama dibanding produk berbentuk cair.

Sama halnya dalam teknik strobing, kamu sebaiknya menggunakan powder highlighter untuk menegaskan fitur-fitur wajahmu, karena kulitmu secara alami memproduksi sebum yang dapat membuat liquid highlighter tidak tahan lama. 

Jangan lupa menggunakan primer dan foundation matte untuk membantu oil control, lalu akhiri dengan bedak secukupnya. Baurkan powder highlighter sesuai gambar di atas, menggunakan kuas rias atau menggunakan jari tangan untuk hasil yang lebih subtle. 

Kalau kulitmu sangat berminyak, kamu dapat menghindari aplikasi highlighter pada bagian-bagian tertentu seperti dahi, agar hasil strobing tidak membuat kulitmu terlihat semakin berminyak.

 

source: http://www.thebeautylookbook.com/search/label/Laura%20Mercier?m=1

Strobing untuk Kulit Normal

Jenis kulit normal bebas bereksperimen dengan highlighter atau luminizer jenis apapun, karena tidak terlalu kering maupun berminyak. Aplikasikan di bagian wajah yang hendak kamu highlight.
 

Strobing untuk Kulit Kombinasi

Mungkin kamu sulit menemukan satu produk yang cocok dengan jenis kulit kombinasi. Tidak perlu pusing, kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan dua produk yang berbeda. Misalnya, di T-zone kamu menggunakan primer yang matte, namun di tulang pipi kamu dapat menggunakan liquid, stick atau powder highlighter.
 

Strobing untuk Kulit Kering

Kulit kering sebaiknya menggunakan produk berjenis cream atau liquid, karena produk-produk tersebut lebih melembapkan. Produk berjenis liquid juga lebih mudah dibaurkan di kulit kering sehingga hasil akhir terlihat lebih alami dan menyatu dengan kulit. Sebaliknya, produk berjenis powder dapat membuat kulit tampak semakin kering, sehingga hasilnya kurang menyatu dengan kulit.

Kulit kering lebih bebas bereksperimen dengan area wajah yang hendak di-highlight, karena tidak mudah terkesan berminyak.
 

source: http://www.more.com/beauty/makeup/makeup-tools-products/best-illuminators-winter