Strobing, Apa Itu?

Apakah teknik strobing itu? Sebenarnya, strobing hanyalah istilah untuk highlighting. Kamu pasti pernah mendengar istilah highlighting, bukan? Istilah ini tahun lalu dipopulerkan lewat tren contouring dan highlighting.

Apabila contouring bertujuan untuk shading atau menambahkan bayangan di area-area seperti di bawah tulang pipi dan di rahang agar terkesan lebih tirus, maka strobing adalah kebalikan dari contouring. Strobing menganjurkan untuk memberikan highlight pada area-area wajah yang paling menonjol, seperti tulang pipi, tulang hidung, tulang alis, dahi, cupid's bow, serta bagian dagu. Karena highlight membuat bagian-bagian tersebut tampak lebih menonjol, maka shading akan tercipta dengan sendirinya.

source: http://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/how-to/a42538/strobing-makeup-tips/

Kenapa Memilih Strobing?

Keutungannya? Teknik strobing jauh lebih mudah dan praktis dibanding contouring. Bayangkan saja, untuk contouring umumnya kamu membutuhkan contour palette, dan kamu harus memikirkan dengan baik warna contour apa yang akan sesuai dengan kulitmu. Warna contour yang terlalu abu-abu dapat membuat wajahmu terlihat dekil, warna yang terlalu warm dapat membuatmu terlihat tanned, dan warna yang terlalu tua tidak akan terlihat natural.

Ditambah kamu harus jago mengaplikasikan contour serta blending dengan teliti, agar contour benar-benar tampak seperti bayangan alami pada wajah. Tidak mau ada dua garis gelap di bawah tulang pipi kamu, bukan?

Sementara dalam strobing, kamu hanya perlu mencari highlighter dengan warna dan hasil yang pas. Apabila kulitmu warm-toned, aplikasi highlighter yang cool-toned tidak akan membuat wajahmu dekil seperti dalam teknik contouring, namun hanya akan menghasilkan efek highlight yang lebih kuat atau lebih bold.
 
source: http://www.feelbetterdays.co.uk/strobing-contouring-baking/

Aplikasi yang Praktis

Kamu bahkan dapat mengaplikasikan liquid atau cream highlighter dengan jari tangan. Karena pada dasarnya warna highlighter tidak terlalu kontras dengan warna kulit, tahap blending juga semakin mudah.
 

source: http://elitedaily.com/women/makeup-brush-free-guide/1156979/

Kulit Tampak Sehat dan Bercahaya

Ingat dewy look ala Korea? Strobing juga memberikan kesan yang serupa. Kulit wajah tampak sehat, glowing, dan bersinar secara alami.

source: http://www.skinmagonline.com/sg/2016/01/cool-facial-contouring-upgrades-for-the-new-year/

Highlighter tapi Matte? Kenapa Tidak?

Takut dengan shimmer? Kamu dapat menggunakan concealer dengan warna yang lebih muda dari kulitmu sebagai highlight. Karena warnanya lebih muda, secara alami akan meng-highlight wajah. Trik ini sering kita lihat untuk meng-highlight bagian bawah mata, dengan mengaplikasikan concealer berwarna lebih muda. Ada juga produk khusus matte highlighter dari Benefit, yaitu Shy Beam.

source: http://www.thehappysloths.com/2016/03/benefit-dandelion-dew-shy-beam-swatches-review.html