Tidak Melembapkan Kulit Sebelumnya

Menggunakan sunblock memang penting, namun untuk hasil yang efektif sebaiknya digunakan pada kulit yang lembap. Mengoleskan sunblock pada kulit yang kering justru akan membuat kulit lebih mudah terbakar matahari. Oleh karena itu, penting untuk selalu menggunakan moisturizer sebelum memakai sunblock agar hasilnya optimal.

Mengoleskan Sunblock Beberapa Saat Sebelum Keluar Rumah

Sunblock yang kamu pakai membutuhkan waktu 20-30 menit agar bisa diserap oleh kulit dan bekerja secara efektif. Jika kamu mengoleskan sunblock kemudian langsung pergi keluar, hasilnya akan menjadi kurang efektif dalam menangkis dampak buruk sinar UV. Selalu gunakan sunblock 30 menit sebelum keluar rumah agar hasilnya efektif.

source: http://www.well-lab.jp/201503/recipe/4128

Tidak Mengoleskan Kembali

Mungkin kamu pernah membaca informasi tentang daya tahan SPF pada sunblock. Semakin tinggi kandungan SPF dalam sunblock, maka semakin lama pula daya tahannya. Namun perlu diperhatikan bahwa saat beraktivitas tentu kamu akan berkeringat, sehingga sunblock yang sudah kamu oleskan akan ikut luntur dan kulit jadi rentan terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, selalu oleskan kembali sunblock pada wajah, kaki, dan tangan setiap 2-3 jam untuk hasil efektif.

source: https://welq.jp/24073

Memakai Sunblock Lama

Coba ingat kapan kamu membeli sunblock yang digunakan sekarang? Tahun lalu, atau 2 tahun lalu? Selain expired date, sunblock juga memiliki jangka waktu untuk masa efektifnya. Sunblock yang telah melewati 1 tahun sejak pertama kali kamu memakainya akan menjadi kurang efektif dalam memberikan perlindungan terhadap sinar UV. Oleh karena itu, buang sunblock-mu setelah 1 tahun penggunaan dan ganti dengan yang baru.

Terus-terusan Memakai Sunblock dengan SPF Tinggi

Karena tak ingin kulit terbakar, banyak wanita memakai sunblock SPF 50 setiap hari untuk perlindungan ekstra. Padahal, sunblock dengan SPF tinggi dapat membebani kulit dan jika digunakan terus-terusan dapat menyebabkan kulit kering. Untuk aktivitas sehari-hari, cukup gunakan sunblock dengan SPF 25-30. Yang penting, oleskan lagi setiap 2-3 jam agar hasilnya efektif.


Agar sunblock yang kamu pakai dapat bekerja dengan efektif, perhatikan tips-tips berikut ini untuk mendapatkan perlindungan yang optimal. 

1. Gunakan dalam Jumlah yang Pas

Untuk mendapatkan manfaat sunblock secara optimal, gunakan sunblock dalam jumlah yang pas. Banyak orang menggunkan sunblock secara tipis-tipis, tapi jika terlalu tipis tentu akan kurang efektif dalam melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV. Tuangkan sunblock kira-kira sebesar lingkaran berdiameter 1,5-2 cm (tergantung konsistensi) untuk mendapatkan jumlah yang tepat. 

source: http://allabout.co.jp/gm/gc/178065/photo/479164/

2. Oleskan pada 5 Titik

Setelah menggunakan moisturizer, ambil sunblock dengan ujung jarimu dan tempatkan titik-titik pada 5 daerah: dahi, hidung, dagu, dan kedua pipi. Hindari mengusap-usapkan sunblock, tapi ratakan dengan gerakan menepuk-nepuk menggunakan ketiga ujung jari (jari telunjuk, tengah, dan manis) hingga rata. Bayangkan saja seperti menepuk-nepukkan puff bedak pada pipimu.

3. Bagi Menjadi 2 Layer

Mengoleskan sunblock dalam layer yang tebal juga akan membuat wajahmu terasa "berat" dan mudah berminyak. Oleh karena itu, bagi sunblock yang sudah kamu tuangkan pada tangan menjadi 2, kemudian usapkan secara tipis-tipis. Tunggu beberapa saat hingga meresap, baru kemudian usapkan sisa sunblock pada layer ke-2. 

4. Lapisi dengan Foundation & Powder SPF

Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan foundation yang mengandung SPF untuk memberikan coverage sekaligus perlindungan ekstra. Tak lupa, selesaikan base makeup-mu dengan loose atau compact powder yang mengandung SPF pula. Dengan menggabungkan beberapa produk yang mengandung SPF sekaligus, tentu akan lebih optimal dalam melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV. 

source: https://welq.jp/24251

Kini kamu siap beraktivitas di luar ruangan tanpa perlu takut kulit terbakar matahari!