1. Bersihkan Wajah

Membersihkan wajah sangat perlu sebelum memulai makeup. Jika wajah tidak bersih, maka kotoran akan menyatu dengan makeup dan jerawat akan lebih cepat timbul. Gunakan pembersih yang mengandung butiran scrub agar kulit-kulit mati dapat terangkat.

2. Persiapkan Wajah Sebelum Makeup

Setelah wajahmu bersih, 5 menit kemudian oleskan toner bebas alkohol. Cara ini akan membantu menyerap kelebihan minyak tanpa mengelupaskan kulit. Toner ini akan membuat makeup tahan lebih lama pada kulit berminyak.

3. Gunakan Pelembap Bebas Minyak

Jagalah wajahmu dengan menjaga kelembapannya. Pilihlah pelembap yang bebas minyak atau lebih banyak kadar airnya.

4. Foundation dan Bedak Tabur

Pilih foundation yang cocok dengan jenis kulitmu. Hindari liquid foundation, karena foundation jenis ini cenderung membuat wajahmu lebih berminyak. Foundation jenis padat akan lebih cocok untukmu. Tunggulah 5-10 menit dan kamu bisa memakai bedak tabur, bukan bedak yang padat, ya.

Sifat bedak tabur akan menyerap minyak, sehingga makeup tidak mudah luntur. Pastikan kamu memakai bedak dengan benar pada bagian pipi, hidung dan dahi, karena bagian ini yang paling mudah berminyak.

5. Kertas Penyerap Minyak

Selalu bawa dan siapkan kertas penyerap minyak kemanapun kamu pergi. Ini cara paling ampuh menyingkirkan minyak yang berlebih pada wajahmu. Cukup tempelkan pada bagian wajah yang berminyak, jangan digosok-gosok karena akan membuat makeup berantakan dan mudah luntur.

Sediakan pula bedak. Jadi, saat kamu merasa ada makeup yang sudah mulai luntur, kamu dapat touch up makeup menggunakan bedak. Cara ini untuk menambal bedak yang sudah mulai luntur tersebut sehingga makeup yang luntur tidak terlalu terlihat mencolok.

Mudah, bukan? Wajah yang berminyak sekarang bukan lagi hambatan untuk tampil cantik. Ikuti tips diatas, ya. Kamu akan tampil cantik dan segar dengan makeup yang tahan lama. Selamat mencoba.