1. Memakai Kuas

Meratakan base makeup seperti foundation maupun BB cream memang bisa menggunakan jari tangan. Namun pemakaian kuas lebih dianjurkan agar terlihat lebih rata dan mulus di wajah. Pilih kuas foundation yang halus dan permukaan bulu kuasnya berbentuk dome. Cara memakainya cukup buat titik-titik lebih dulu menggunakan ujung jari, kemudian dibaurkan secara merata menggunakan kuas. 
 

source: http://wolipop.detik.com/read/2015/08/17/104515/2993584/234/memakai-primer-sebelum-alas-bedak-apa-manfaatnya

2. Memadukan 2 Jenis Foundation

Troy Jensen seorang makeup artist yang menangani selebriti Hollywood terkenal seperti Jennifer Lopez dan Kim Kardashian biasanya menggunakan 2 jenis foundation. Untuk daerah T-zone yang mudah berminyak seperti hidung, dahi, dan dagu bisa menggunakan foundation yang bebas kilap dan mampu menyerap minyak. Sedangkan untuk bagian pipi dan rahang menggunakan foundation yang mengandung pelembap. Kemudian sempurnakan pemakaian foundation dengan bedak tabur.

Biasanya saya pakai foundation yang mattifying (foundation tanpa kilap yang mampu menyerap minyak) di daerah T-zone yaitu dahi, hidung dan dagu. Untuk pipi dan rahang saya pakai foundation dengan pelembap di daerah pipi dan sekitarnya.
source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2540416/begini-cara-gunakan-alas-bedak-yang-benar
source: https://us.rimmellondon.com/products/face/stay-matte-liquid-mousse-foundation

3. Primer

Gunakan primer sebelum memakai foundation. Primer mampu menyerap minyak yang berlebihan pada wajah dan menyamarkan kerutan halus di sekitar wajah. Primer juga dapat menyamarkan pori-pori agar terlihat lebih halus. Selain itu primer dapat menahan makeup agar lebih tahan lama. 
 

source: https://www.benefitcosmetics.com/uk/en-gb/face-makeup/face-primer

4. Color Corrector

Terkadang tak cukup hanya menggunakan foundation untuk mendapatkan hasil wajah mulus. Kamu membutuhkan concealer untuk menutup lingkaran hitam bawah mata. Untuk kulit sawo matang atau gelap kamu bisa menggunakan color corrector berwarna orange setelah foundation. Warna orange mampu menetralkan lingkaran gelap di bawah mata dan sudut mata. 
 

source: http://beautyjoint.com/ccf0026-04-city-color-corrector-stick-orange/