Apa Itu Draping?

Teknik contouring mulai populer sejak Kim Kardashian menggunakannya, walaupun sebenarnya teknik ini bukanlah teknik baru di dunia makeup dan sudah ada sejak lama. Sejak itu, muncul pula berbagai macam teknik makeup baru yang bisa membentuk wajah lainnya seperti strobing, hingga yang terbaru dikenal dengan istilah draping. Apa bedanya?

Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh makeup artist Way Bandy di tahun 1960-an. Dia kerap menangani artis-artis terkenal seperti Farrah Fawcett dan Diana Ross. Teknik makeupnya disukai karena dapat membuat seseorang terlihat lebih cantik dengan teknik yang transformatif namun tampak natural. Konsep draing yang dipegangnya saat itu adalah membuat wajah terlihat lebih menarik dengan menonjolkan fitur wajah masing-masing, bukan membentuk wajah seseorang agar terlihat seperti orang lain menggunaan blush.

source: http://hubpages.com/style/Simple-70s-Makeup

Intinya, draping adalah teknik kontur wajah dengan menggunakan blush. Yang membuatnya berbeda dengan teknik contouring adalah, draping lebih menitikberatkan pada membuat wajah terlihat glowy, bukan tampak tirus. Hasilnya, draping memberikan kontur wajah yang lebih soft dengan warna yang lembut. 

Marc Jacobs Beauty Air Blush Soft Glow Duo

Konsep draping ini kemudian dipopulerkan kembali dengan dirilisnya produk terbaru dari Marc Jacobs Beauty, yaitu Air Blush Soft Glow Duo. Merupakan powder blush dengan 2 shade dalam 1 kemasan yang bisa digunakan terpisah ataupun bersamaan untuk menciptakan rona merah alami yang bercahaya. Produk ini dirancang khusus untuk teknik draping.
 

source: http://chicprofile.com/marc-jacobs-air-blush-soft-glow-duo-for-summer-2016

Air Blush ini mengandung air powder dari Jepang untuk mendapatkan wajah seksi dan tampak glowy secara alami. Formulanya ultra-lightweight dan hasilnya dapat langsung terlihat membuat kulit terlihat bercahaya. Air Blush dibuat menggunakan proses yang disebut soufflage (air-whipped) untuk menghasilkan tekstur creamy, lembut, dan mudah menyatu pada kulit. Warnanya pun mampu bertahan lama selama 24 jam dari pagi hingga malam.

source: http://www.temptalia.com/marc-jacobs-beauty-air-blush-soft-glow-duos-for-fall-2016/

Desain unik yang menggabungkan 2 shade dirancang sedemikian rupa untuk digunakan bersamaan. Shade yang lebih terang berfungsi untuk highlight dan shade yang lebih gelap digunakan untuk contouring. 

Marc Jacobs Beauty Air Blush Soft Duo dibanderol seharga $42 dan dirilis bulan Juli 2016.

Cara Mengaplikasikan Teknik Draping

Jika contouring akan memberikan hasil wajah yang terlihat ekstosis dan tampak tirus, draping akan membuat wajahmu terlihat merona natural ala tahun 70-an. Dengan diagram dari Marc Jacobs, kamu dapat mengaplikasikan teknik draping pada wajah dengan mengusapkan blush pada bagian wajah berikut ini. 

Balancing Glow: to achieve the look, use #AirBlush in Night Fever & Hot Stuff. Blend the two shades and sweep just below the cheekbones to contour and define the cheekbones. Drape the high of the cheekbones to gradate color. Wrap from eye to temple in a half moon shpe for added drama. Drape the tip of the chin and sweep along the ceneter of the neck and decolletage to ensure overall balance.
source: https://www.instagram.com/p/BHVy-SFhs1N/?taken-by=marcbeauty

Untuk menciptakan kontur wajah yang terlihat soft dengan draping, gunakan Marc Jacobs Beauty Air Blush Soft Duo dengan mencampurkan kedua warna di bawah tulang pipi. Gunakan warna blush yang lebih muda di atas tulang pipi agar terlihat glowy. Seimbangkan dengan menambahkan blush pada pelipis dengan membentuk bulan sabit di sekitar mata. Sapukan pula sedikit blush pada dagu dan sekitar leher.

Untuk lebih jelasnya, kamu juga bisa menonton video tutorial draping dari beauty blogger Australia, Tina Yong. 
 

youtube:A9GjysAFFrc
source: https://www.youtube.com/watch?v=A9GjysAFFrc
"DRAPING" The Makeup Trend That's Taking Over Contouring