1. Konsumsi: Daging Merah

Bagi penderita tekanan darah tinggi, daging merah adalah pantangan. Sebaliknya penderita tekanan darah rendah perlu asupan daging merah untuk meningkatkan tekanan darah, dalam batas yang wajar, tentunya. Daging merah mengandung lemak yang dapat meningkatkan tekanan darah rendah.

Perlu diingat bahwa sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi sebelum mengubah pola makan.

source: https://www.mvppt.com/red-meat-is-not-the-enemy/


 

baca juga

2. Konsumsi: Sodium

Sama halnya dengan daging merah, konsumsi sodium atau garam dapat menambah tekanan darah. Akan tetapi, jangan buru-buru menambahkan garam pada semua makananmu, lho! Terlalu banyak garam juga dapat membuat tubuh dehidrasi.

Disarankan untuk menambah konsumsi garam dalam batas wajar saja, Beautynesian. Kamu juga dapat menggunakan kecap asin sebagai alternatif. Mengonsumsi sports drink seperti Pocari Sweat juga dapat menambah asupan sodium untuk tubuh.

source: http://billionheartsbeating.com/the-salty-6/


 

3. Kurangi: Buah Naga

Buah Naga atau dragonfruit bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan memperlancar pencernaan, namun konsumsi berlebihan dapat menjadi masalah untuk penderita tekanan darah rendah. Pasalnya, tekanan darahmu akan semakin rendah ketika mengkonsumsi buah naga dalam jumlah besar. Akibatnya, kamu akan semakin merasa pusing dan lemas.

source: http://en.vietdragonfruit.com/red-flesh-dragon-fruit-113.html


 

baca juga

4. Konsumsi: Sereal Fortifikasi

Salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah anemia, yaitu ketika tubuh tidak mampu mencukupi produksi sel darah merah sehingga tekanan darah berkurang. Anemia dapat terjadi ketika kamu tidak mendapat asupan folat dan vitamin B12 yang cukup. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengkonsumsi makanan fotifikasi seperti sereal. Proses fortifikasi sendiri ditujukan untuk menambah kandungan nutrisi dalam makanan.

Selain itu, kamu dapat memperoleh asupan vitamin B12 lewat keju, susu, tuna, yogurt, trout dan tiram; serta asupan folat dari buah apokat, brokoli, kacang polong dan bayam.

source: http://www.care2.com/greenliving/the-not-so-wholesome-world-of-breakfast-cereals.html


 

Tips: Rutin Minum Air Mineral

Selain mengonsumi makanan untuk darah rendah, mencukupi kebutuhan air mineral adalah faktor penting dalam menangani tekanan darah rendah. Salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah dehidrasi, terutama kalau kamu beraktivitas di bawah terik matahari. Pastikan kamu selalu membawa air mineral, dan minumlah secara teratur.

source: http://www.fitday.com/fitness-articles/fitness/exercises/the-importance-of-drinking-water-after-exercising.html