1. Memakai Bronzer

Beberapa makeup artis lebih menyarankan pemakaian produk bronzer daripada contouring kit. Bronzer memiliki warna yang lebih mudah dibaurkan dan teksturnya lebih ringan daripada counturing kit. Tekstur bronzer memang mirip dengan blush. Namun warnanya lebih gelap menyerupai warna kulit seperti cokelat, gold, bronze, dan terracota.
 

source: https://www.morphebrushes.com/products/9bz-that-glow-bronzer-palette

2. Pilih Bronzer dengan Hasil Matte

Pilih bronzer yang hasilnya matte dan warnanya 2 tingkat lebih gelap dari warna kulit. Bronzer jenis matte dapat membentuk wajah jadi lebih tirus. Hindari bronzer yang memiliki shimmer karena bisa memantulkan cahaya dan membuat wajah jadi lebih lebar. Bronzer jenis ini juga membuat wajah jadi lebih berminyak.
 

source: http://www.ulta.com/matte-bronzer?productId=xlsImpprod4141595

3. Menggunakan Brush

Bentuk brush ternyata juga mampu mempengaruhi hasil shading. Gunakan angled brush atau, yaitu kuas berbentuk pipih dengan ujung miring. Pilih bulu yang halus dan nyaman digunakan untuk membentuk garis pada wajah.

source: https://www.makeupgeek.com/makeup-geek-brush-angled-contour-brush.html

4. Ciptakan Shading Ringan

Dengan menggunakan kuas, bentuk angka 3 dari sisi samping dahi menuju bawah tulang pipi. Kemudian ke rahang dan berakhir di bawah dagu. Lakukan cara ini pada sisi kanan dan kiri wajah mengikuti gambar di bawah ini. Agar warnanya tidak terlalu gelap, cukup usapkan bronzer 1 kali saja kemudian blend hingga terlihat natural.
 

source: http://www.cantik.co.id/males-dandan-ini-dia-tips-simple-yang-bikin-make-up-tanpa-ribet/

5. Highlighter

Padukan dengan highlighter untuk menyempurnakan penampilan. Untuk highlighter kamu bisa menggunakan shimmery powder atau eyeshadow nude yang warnanya dua tingkat lebih terang dari foundation dan bedak. Aplikasikan highlighter pada area wajah yang sering terkena cahaya. 
 

source: http://www.sephora.com/best-contouring-makeup