Vajrasana (Thunderbolt Pose): Variation

Mulailah dengan posisi duduk bersimpuh dengan punggung tegak. Letakkan telapak kaki kanan diatas telapak kaki kiri. Letakkan kedua telapak tangan diatas paha. Rasakan gerakkan ini perlahan, tarik napas hingga 8-10 kali. Condongkan tubuh ke depan secara perlahan untuk memaksimalkan gerakan ini. Ulangi beberapa kali dengan menukar posisi telapak kaki kanan dan kiri.

source: http://www.yogajournal.com/slideshow/4-poses-fine-tune-foot-stability-prevent-injury/#0

Tabletop with a Block

Gerakan kedua, letakkan telapak tangan dan lutut di atas lantai. Posisikan kedua tangan selebar bahu dan kedua kaki selebar pinggul. Turunkan secara perlahan tulang punggungmu dan biarkan otot menegang, kemudian tarik tulang punggung hingga ke atas, sehingga membentuk lengkungan seperti kucing yang sedang meregang. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

source: http://www.yogajournal.com/slideshow/4-poses-fine-tune-foot-stability-prevent-injury/#1

Vrksasana (Tree Pose): Variation

Gerakan ketiga, berdiri di atas blok dengan satu kaki. Letakkan kaki lain dengan posisi telapak kaki bersandar pada paha samping kaki lainnya. Letakkan berat badan secara merata antara empat penjuru berdiri kakimu yaitu jempol kaki dan gundukan jari kelingking kaki dalam dan luar tumit. Seluruh kaki dan tungkai bawah harus terasa menegang. Mulailah dengan 6-8 napas di setiap sisi, atau seberapa lama kamu mampu untuk mempertahankan posisi ini.

source: http://www.yogajournal.com/slideshow/4-poses-fine-tune-foot-stability-prevent-injury/#2

Warrior II Pose: Virabhadrasana II

Mulailah dengan membiarkan paha kembali bergulir sedikit. Hal ini akan memudahkan rotasi eksternal lebih dalam kaki depan. Fokus pada kaki depan. Rentangkan kedua tangan, pandangan ke depan. Regangkan kaki lainnya hingga lurus dangan telapak kaki menyerong. Tarik napas hingga 4-5 kali. Ulangi gerakkan ini secara bergantian kaki kanan dan kiri.

source: http://www.yogajournal.com/slideshow/4-poses-fine-tune-foot-stability-prevent-injury/#3

Lakukan secara rutin dan kamu akan merasa tumpuan kaki lebih kuat, stabil, dan seimbang. Selamat mencoba!