1. Lokasi Tak Terduga


Jangan tertipu oleh kalimat "dekat dari stasiun MRT", karena walaupun hostel itu murah dan bagus, bisa jadi lokasinya terpencil dan berjarak ratusan meter dari stasiun.
source: http://www.skyscanner.net/news/7-hostel-horrors-and-how-handle-them
Tips: agar kamu tak tersesat, cari info sedetil mungkin tentang jalan menuju hostel dari stasiun terdekat beserta petanya. Kalau belum ketemu juga, jangan malu bertanya pada warga lokal.

2. Tidak Ada Privasi


Kalau kamu tinggal di kamar berisi 8 tempat tidur dengan jarak yang berdekatan tanpa pembatas, otomatis kamu akan kehilangan privasi. Semua yang kamu lakukan akan terlihat oleh semua orang di ruangan itu.
source: http://blog.hostelbookers.com/travel/history-and-architecture/design-travel/
Tips: pasang selimut atau tumpuk tasmu untuk membatasi pandangan. Atau cari info kamar-kamar hostel dengan tipe tempat tidur bersekat sebelum booking agar kamu memiliki sedikit privasi.

3. Teman Sekamar Berisik


Menginap di hostel bertipe sharing room berarti kamu akan tidur dengan berbagai macam orang tak dikenal dalam 1 kamar. Tidak menutup kemungkinan mereka melakukan hal-hal yang membuat kamu kurang nyaman seperti tidur mendengkur, atau mengobrol hingga tengah malam.
source: http://www.rentersinsurance.org/thin-walls-apartment-life-hell-a-guide-to-living-in-peace-and-quiet/
Tips: bawa selalu earplug yang dapat meredam suara dan penutup mata agar kamu bisa tidur nyenyak.

4. Kurang Aman


Saat kamu harus keluar kamar saat mandi atau sarapan, berarti kamu pun meninggalkan barang-barang berhargamu di kamar. Biasanya ada loker untuk menyimpan barang, tapi tidak semua hostel menyediakan kunci.
source: https://europetrippers.wordpress.com/hostel/
Tips: walaupun kamu sudah akrab dengan teman-teman sekamarmu, jangan lengah dan meninggalkan barang-barang berharga tanpa dikunci di dalam koper. Bawa juga gembok agar lebih aman.

5. Pencuri Makanan


Karena dilarang membawa makanan ke dalam area kamar, kamu harus meletakkan makananmu di dalam kulkas hostel dan berbagi tempat dengan orang lain. Tidak jarang makanan yang kamu beli pun hilang diambil orang lain.
source: https://rulesforhumans.wordpress.com/blogs/office-fridge/
Tips: tulis namamu sejelas mungkin pada label dan tempelkan pada kemasan makanan yang kamu simpan.

6. Kamar Mandi Kotor


Karena dipakai oleh banyak orang dan harus bergantian, kamar mandi hostel biasanya cepat kotor, air menggenang di lantai, dan penuh di pagi hari.
source: http://davidhasselhostel.com/
Tips: bawa sandal jepit, handuk kaki, tissue basah dan peralatan mandi lainnya sendiri. Bangun pagi dan mandilah lebih dulu sebelum orang lain agar keadaan kamar mandi masih kering dan bersih.
Semoga liburan kamu menjadi aman dan nyaman dengan tips di atas ya, Minasan!