1. Larutan Garam, Gula, dan Olive Oil

Seiring bertambahnya usia, noda hitam dan kerutan mulai muncul dan merusak penampilan wajah kita. Kerutan muncul akibat hilangnya kelembapan pada kulit sehingga tampak berkerut. Untuk mencegah terjadinya kerutan sebenarnya tidak sulit, larutan yang terbuat dari bahan dapur dapat menolong kita menghindari masalah ini.

Bahan:
  1. 2 sdm olive oil/ minyak zaitun
  2. 1/2 sdm garam dapur
  3. 1/2 sdm gula
  4. 1 sdm plain yogurt
  5. 1 sdm madu
Cara membuat:
Campurkan semua bahan menjadi satu larutan dan aduk hingga merata sampai garam dan gula larut menjadi satu adonan.

Cara menggunakan:
bersihkan wajah seperti biasa kemudian usapkan larutan yang telah dibuat pada kulit wajah sambil dipijat lembut selama 10 menit kemudian bilas menggunakan air dingin.
source: http://www.doktercantik.com

Olive oil dan madu sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit, garam dan gula merupakan salah satu bahan yang dapat menyeimbangkan cairan dalam sel kulit, sementara yogurt sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencerahkan kulit dan mencegah timbulnya noda hitam di wajah.

2. Es Batu

Es batu tidak hanya menyegarkan minuman namun ternyata dapat menyelamatkan kulit wajah dari kerutan. Dengan menempelkan es batu dan memijat wajah menggunakan es batu pada bagian bawah mata dapat melancarkan aliran peredaran darah sehingga munculnya kerutan dapat dicegah.

source: http://media.nationalgeographic.co.id

3. Masker Pisang dan Madu

Buah pisang mengandung kalium dan vitamin C yang tinggi untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, ternyata kandungan kalium dalam pisang sangat membantu untuk mencegah terjadinya kerutan pada wajah. Kalium berfungsi untuk menyeimbangkan cairan dalam sel kulit dan mengatur keseimbangan pH dalam tubuh. Cairan sel kulit yang seimbang menyebabkan kulit tampak sehat, segar, dan tidak muncul kerutan. Sementara madu juga sangat baik untuk mengencangkan dan merawat kelembapan alami kulit.

source: https://cdns.klimg.com

Bahan: 

  1. 1 buah pisang matang
  2. 2 sdm madu
Cara membuat:
  1. Haluskan buah pisang yang telah matang dengan melumatnya menggunakan sendok atau menumbuknya. Kamu juga bisa menggunakan blender namun dengan kecepatan rendah untuk menghindari rusaknya kandungan kalium dan vitamin dalam buah pisang
  2. Tambahkan madu dan aduk hingga adonan tercampur rata. Masker siap untuk digunakan.