1. Athena - Yunani


Kota yang diduga sudah ditinggali oleh manusia 4 hingga 5 juta tahun SM ini pasti mengingatkanmu akan Parthenon. Kuil Yunani yang didedikasikan untuk Dewi Athena dengan pilar-pilar putihnya yang kokoh. Situs bersejarah Akropolis bahkan sudah ada sebelum zaman Plato, Sokrates dan Aristoteles.
source: http://www.luxetravel.com/destinations/europe/greece/athens/

2. Gaziantep - Turki


Kota yang sebelumnya dikenal dengan nama Antioch dan Antep ini terletak di antara Mediterrania dan Mesopotamia. Daerah ini diyakini merupakan pusat peradaban manusia yang pertama. Situs bersejarah di Gaziantep masih diperlihara dengan baik dan terdapat 13 rumah yang dijadikan museum yang berisikan artefak kuno.
source: http://turkey.com/se-anatolias/gaziantep/

3. Luxor - Mesir


Kota ini merupakan ibukota kerajaan Mesir kuno dulunya. Sungai Nil membelah kota ini menjadi 2 bagian, bagian timur yang lebih modern dan kota kuno di bagian barat. Di bagian barat, kamu bisa menemukan makan Raja Tutankhamun dan raja-raja lainnya.
source: http://world-traveling.info/tag/egypt/

4. Yesuralem - Israel


Kota yang dicintai oleh 3 agama, Yahudi, Kristen dan Islam. Di sinilah orang Yahudi membangun kuilnya, tempat Yesus disalib dan diangkat naik ke surga. Kota yang ditinggali sejak tahun 2800 SM ini sempat diperhitungkan menjadi pusat peradaban dunia.
source: http://www.tripadvisor.com/LocationPhotos-g293983-Jerusalem_Jerusalem_District.html

5. Amesbury - Inggris


Ratusan kuburan prasejarah dapat ditemukan di sekitar Amesbury dan Stonehenge, monumen prasejarah dari batu yang letaknya tidak jauh dari kota ini. Kamu juga dapat melihat langsung koleksi alat-alat yang terbuat dari batu yang ditemukan di sekitar Stonehenge di Museum Amesbury.
source: http://www.thestonehengetour.info/

6. Varanasi - India


Juga disebut sebagai kota tersuci di dunia dan pusat agama Hindu sedunia. Dewi Shiva dipercaya telah tinggal di area ini dan banyak kuil didirikan untuk menghormatinya. Banyak orang datang ke sini untuk mengunjungi atau bahkan mati di Sungai Gangga yang dipercaya dapat membebaskan dosa manusia.
source: http://the-ripple.co.uk/travel-to-varanasi-india/

7. Luoyang - Tiongkok


Sempat menjadi ibukota selama beberapa dinasti, Luoyang dikelilingi oleh pegunungan yang memiliki banyak pahatan untuk tempat bersembahyang umat Buddha bahkan sejak 2070 SM. Luoyang terkenal akan situs-situs bersejarah yang telah diakui oleh UNESCO.
source: https://www.happytellus.com/luoyang/china
Wah preservasi budaya, sejarah dan bangunan lama di kota-kota tersebut benar-benar luar biasa, ya. Mungkin bisa jadi tujuan wisata selanjutnya untuk kamu pecinta bangunan bersejarah.