1. Tidak Bisa Berkomunikasi


Tentu akan sulit jika kamu tidak bisa memahami bahasa asing, misalnya bahasa Inggris. Memahami bahasa setempat dapat membantu untuk menemukan tempat tujuan atau membaca buku menu saat memesan makanan.
source: http://www.smartertravel.com/photo-galleries/editorial/top-travel-fears-and-how-to-conquer-them.html?id=933&all=1
Tips: Pastikan kamu mempelajari beberapa kalimat penting seperti sapaan, terima kasih dan saya minta maaf dalam bahasa lokal untuk memudahkanmu. Jika kamu kesulitan, ketik apa yang kamu ingin katakan di Google Translate dan tunjukkan pada mereka.

2. Menghina Budaya Setempat


Ketidaktahuan dapat membuatmu terlihat bodoh. Jangan sampai kamu menusukkan sumpit ke dalam semangkuk nasi saat makan di Jepang, duduk sambil memperlihatkan telapak kakimu di Thailand atau datang ke daerah suci dan religius dengan pakaian yang terbuka.
source: http://www.lovetefl.com/hints-and-tips/teaching-south-india-culture-points/
Tips: Tidak ada salahnya untuk mencari tahu tentang apa yang dianggap sopan dan apa yang dianggap tidak sopan dari susu budaya dan etika di negara tujuan kamu. Tetaplah tersenyum pada warga lokal untuk menciptakan suasana yang nyaman.

3. Kesepian


Untuk kamu yang takut bepergian sendiri, perasaan takut sendiri dan khawatir tidak ada orang yang bisa membantu saat terjadi masalah bisa mencegahmu untuk bepergian terutama untuk yang tidak biasa.
source: http://blog.promotionalcodes.com/article/How-to-Beat-the-Fear-of-Traveling-Alone/41
Tips: Kalau kamu merasa kurang nyaman pergi sendiri, tinggalah di hostel agar bisa berbincang-bincang dengan traveller lain. Ikuti juga group tour agar ada teman ngobrol selama jalan-jalan.

4. Benci Terbang


Salah satu ketakutan yang sering dialami semua orang adalah naik pesawat. Karena Indonesia negara kepulauan, bepergian ke luar negeri artinya harus naik pesawat dan tidak bisa dihindari lagi.
source: http://www.mirror.co.uk/lifestyle/health/coleen-nolan-advice-fear-flying-2358901
Tips: Tenanglah! Pesawat adalah salah satu metode transportasi teraman. Kalau kamu masih gugup, kami bisa coba latihan bernapas yang dapat membuatmu tenang atau sibukkan dirimu dengan membaca majalah saat take off.

5. Tersesat


Hal yang satu ini sering terjadi pada traveller, terutama yang pergi sendiri tanpa bantuan tour guide. Apakah kamu termasuk orang yang takut untuk bertanya dan sering tersesat saat membaca peta?
source: https://www.flickr.com/photos/jonsiegel/7131278233/
Tips: Kamu bisa meminimalisir risiko tersesat dengan mencari-cari info sebelumnya di internet. Kalau kamu tidak suka membawa peta, kamu bisa mengunduh peta online dan membukanya dari smartphone kamu.

6. Bahaya


Saat sampai di tempat tujuan ternyata keadaan politik sedang memanas atau adanya ancaman teroris! Atau kamu takut untuk pergi ke negara tujuan yang kriminalitasnya tinggi?
source: http://gadling.com/category/travel-trivia/page/5/
Tips: Pastikan kamu mengecek situasi politik negara tujuanmu sebelum berangkat. Hubungi kedubes Indonesia sesampainya di sana untuk meminta perlindungan. Kalau kamu takut soal perampokan, lepas semua perhiasan, jangan bawa terlalu banyak uang tunai dan berhati-hatilah pada setiap orang yang kamu temui.

7. Keracunan Makanan


Kamu takut makan makanan yang belum pernah kamu cicipi dapat membuat perutmu sakit? Hal ini sering terjadi terutama pada traveller yang makan di sembarangan tempat dan cenderung kotor.
source: https://gourmettraveller.wordpress.com/2013/01/21/lost-posts-of-2012/
Tips: Cari tahu makanan dan minuman apa yang sebaiknya dihindari di negara tujuan. Agar lebih aman, selalu makan makanan yang dimasak dan hindari membeli jajan sembarangan.

8. Kehabisan Uang


Tidak ada pengalaman yang lebih buruk dibandingkan kehabisan uang tunai di luar negeri. Bagaimana dengan perjalanan pulang ke bandara besok? Bagaimana dengan uang makan hari ini?
source: http://www.telegraph.co.uk/finance/personalfinance/pensions/11152794/Millions-face-tax-rises-or-derisory-state-pension-report-claims.html
Tips: Selalu bawa uang tunai lebih untuk keadaan darurat dan tinggalkan di hotel. Dengan begini, kamu masih memiliki uang yang cukup untuk makan dan transportasi pulang ke bandara. Bawa juga ATM dan kartu kredit jika perlu.
Tidak perlu takut saat menemui kendala waktu travelling karena kalau berhasil mengatasinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.