1. Air Putih

Terkesan sepele, namun inilah yang paling penting. Karena tubuh kita mengandung air sebanyak lebih dari 50%, sehingga kekurangan cairan bisa berdampak buruk bagi metabolisme dan kesehatanmu. Meminum air putih sendiri terbukti punya banyak manfaat, semisal detoksifikasi tubuh, mencegah penuaan dini, bahkan membersihkan, dan melembapkan kulit! Nah, untuk jumlah ideal, pastikan kamu mengonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap harinya, ya!

source: http://myfamilyfirstchiro.com/

2. Dark Chocolate

Siapa bilang jadi sehat tak boleh makan enak?
Daripada mengonsumsi milk chocolate yang mengandung banyak gula, kamu bisa menggantinya dengan dua potong kecil dark chocolate yang lebih sehat. Apalagi sebuah studi melaporkan, orang yang mengonsumsi dark chocolate cenderung makan lebih sedikit pizza (15%) ketimbang mereka yang makan milk chocolate.
 

source: http://www.blog.mountsinai.org/

3. Teh Hijau

Beragam studi mengkaitkan konsumsi teh hijau dengan minimnya resiko penyakit jantung, bahkan kanker. Salah satu penyebabnya adalah kandungan polifenol (antioksidan alami yang terkandung dalam teh hijau) dalam jumlah yang tinggi. Nah, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Sebagai contoh, mulai dari mencegah stres dan depresi, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah obesitas, menangkal radikal bebas, sampai risiko penyakit berbahaya lainnya, seperti jantung, stroke, diabetes, hipertensi, hingga kanker.
 

source: http://www.lensaremaja.com/

4. Kopi Hitam

Sebagian dari kamu mungkin terbiasa memulai dari dengan meminum kopi. Meski kerap dianggap berbahaya bagi tubuh, kebiasaan ini rupanya membawa banyak keuntungan bagi kesehatanmu, lho.

Rupanya, kandungan kafein dalam kopi mampu membuat darah membutuhkan lebih banyak oksigen. Ini menyebabkan adanya peningkatan kalori yang terbakar dalam tubuh. Setidaknya, sebuah penelitian yang digagas oleh National Cancer Institute mengungkap, peminum setia kopi memiliki risiko kematian 16 persen lebih rendah dibandingkan orang yang tidak meminum kopi. 

Sebagai informasi tambahan, meminum secangkir kopi hitam (tanpa gula, krim, maupun susu) mendatangkan banyak manfaat kesehatan. Keuntungannya bervariasi, seperti kemampuannya merangsang metabolisme tubuh, mencegah depresi, meningkatkan produktivitas dan kemampuan otak, hingga mengurangi resiko penyakit berbahaya.
 

source: http://www.healthforeach.com/

Kesehatanmu bukanlah faktor keturunan. Beragam penyakit, mulai dari obesitas hingga penyakit jantung bukan sesuatu yang ada di luar kontrolmu. Setidaknya ada beragam penyebab, seperti pola hidup tak sehat, konsumsi makanan instan dan cepat saji, hingga tekanan serta stres yang harus kamu hadapi sehari-hari.

Karenanya, penting untuk menjaga kesehatanmu sedini mungkin. Nah, agar hasilnya lebih efektif, disarankan untuk mendampingi konsumsi 5 makanan di atas dengan pola hidup sehat, serta olahraga teratur, ya. Selamat mencoba!